Kompas.com - 11/02/2013, 10:47 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

(Reza Wahyudi/KompasTekno) Antrean panjang calon pembeli iPhone 5 di Jakarta, Jumat (14/12/2012).

 

KOMPAS.com - Apple dan Samsung memperoleh lebih dari 100 persen keuntungan pasar ponsel yang dihasilkan tahun 2012.

Menurut analis Canaccord Genuity T. Michael Walkley, perolehan keuntungan dua raksasa mobile ini mencapai 103 persen sepanjang tahun itu.

Mengapa bisa lebih dari 100 persen? Sejumlah produsen smartphone lainnya mengalami penurunan pangsa sehingga berkontribusi pada perolehan value share Apple dan Samsung.

Motorola dan Sony masing-masing mencatat value share - 1 persen, sementara value share Nokia turun menjadi -2 persen.

Adapun pangsa keuntungan Apple mencapai 69 persen, lebih dari dua kali lipat Samsung yang sebesar 34 persen.

"Melihat dari dinamika kompetisi saat ini, kami percaya Apple dan Samsung akan mempertahankan dominasi dalam hal value share di kuartal pertama 2013. Samsung diprediksi akan mengambil pangsa dari Apple," ujar Walkley seperti dikutip dari Tom's Hardware.

Meski diperkirakan telah mengalami kehilangan pangsa pasar keseluruhan dari Apple, Samsung tetap mempertahankan posisisnya sebagai produsen ponsel nomer satu dengan share sebesar 24 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.