Kompas.com - 13/02/2013, 12:19 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - BlackBerry Hub adalah sebuah fitur baru yang tertanam pada sistem operasi BlackBerry 10. Ia merupakan sebuah kotak masuk dan notifikasi terpadu. Semua pesan akan masuk ke sana, termasuk SMS, MMS, email dari beberapa akun, BlackBerry Messenger, hingga notifikasi layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

Ketika pengguna memasukkan akun email atau jejaring sosial dalam ponsel, maka akun itu secara otomatis akan terintegrasi dengan Hub.

Hub dibuat untuk memudahkan pengguna melihat pesan masuk dan notifikasi dalam satu tempat. Pengguna tak perlu lagi mengecek satu per satu aplikasi jejaring sosial atau email yang ada di ponsel.

Secara keseluruhan, Hub menampilkan pesan atau notifikasi berdasarkan waktu dan tanggal. Menurut pengalaman KompasTekno, hal ini membuat pesan dan notifikasi yang masuk jadi berantakan.

Jika hal itu dirasa berantakan, maka Anda tinggal menggeser layar ke kanan, lalu Hub akan menampilkan akun berdasarkan layanan semisal, BBM, SMS, Gmail, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan sebagainya. Dengan begini, pesan dan notifikasi akan terlihat teratur karena dikelompokan berdasarkan layanan.

Melalui Hub, Anda juga dimudahkan untuk langsung berkomentar atau membalas pesan dan notifikasi yang berasal BBM, email, maupun jejaring sosial. Hub telah terintegrasi dengan banyak layanan.

Cara menampilkan menu Hub sangat mudah. Jika ponsel dalam posisi layar terkunci, Anda tinggal menyapu layar dari bawah ke tengah, kemudian menggesernya lagi ke kanan. Hub akan muncul secara otomatis.

Selain Hub, ada pula BlackBerry Balance. Ini merupakan fitur yang memisahkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang jalan dalam modus pekerjaan, atau modus pribadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.