Kompas.com - 14/02/2013, 07:42 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Produk-produk gadget, seperti smartphone, tablet, dan kamera, sangat digemari di portal belanja online asal Jepang, Rakuten.

Hal tersebut terlihat dari dominasi perangkat-perangkat gadget di beberapa kategori situs tersebut, seperti "Hottest Products" dan "Daily Popular Items". Tiga produk teratas di masing-masing kategori tersebut dikuasai produk seperti Samsung Galaxy Note 2 dan iPhone 5.

Meski begitu, menurut Ryota Inaba, Presiden Direktur dan CEO PT. Rakuten-MNC, sumbangan terbesar pendapatan Rakuten di tahun 2012 bukan berasal dari perangkat gadget, melainkan dari sektor non-elektronik, seperti pakaian dan food & beverages.

Hal tersebut disebabkan, konsumen biasanya hanya membeli perangkat gadget satu kali dalam periode satu tahun atau lebih. Sedangkan untuk food & beverages, asalkan rasanya memenuhi selera, akan terus dipesan oleh para konsumen.
 
"Pada Desember 2012 lalu, 70 persen pendapatan Rakuten Indonesia berasal dari produk non-elektronik, sedangkan sisanya berasal dari produk gadget," jelas Inaba, saat berbincang dengan KompasTekno di Jakarta, Selasa (13/2/2013).

Namun, Inaba tetap optimis, penjualan perangkat gadget di Rakuten akan terus meningkat di tahun 2013 ini. Alasannya, berbeda dari negara-negara lain, konsumen di Indonesia diuntungkan dengan tidak dibatasinya penggunaan gadget oleh operator.

Artinya, sebuah perangkat tetap dapat beroperasi dengan menggunakan kartu SIM dari operator manapun.

"Pengguna luar Indonesia banyak dibatasi oleh operator hingga tidak bisa sebebas Indonesia dalam membeli produk gadget," kata Inaba.

Hingga saat ini, Rakuten telah memiliki 400 merchant dalam portal belanja online miliknya. Sekitar 90 persen merchant asli berasal dari Indonesia, sedangkan sisanya berasal dari Jepang.

Jumlah produk yang dijual melalui portal Rakuten berjumlah sekitar 350.000 jenis. Nilai tersebut 20 kali lebih besar dari toko online lainnya, di mana toko-toko tersebut diketahui hanya memiliki 20.000 produk saja. Di tahun 2013 ini, Rakuten ingin menyediakan 1 juta produk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.