Kompas.com - 14/02/2013, 14:12 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Kwartu, aplikasi kartu nama digital

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah kerepotan menyimpan kartu nama kolega, atau lupa membawa kartu nama pribadi? Sebuah aplikasi kartu nama digital buatan lokal yang berjalan di sistem operasi Android coba memberi solusi atas masalah ini.

Aplikasi itu adalah Kwartu, yang bisa diunduh gratis di Google Play Store oleh pemilik perangkat Android. Aplikasi yang dirilis sejak 17 Agustus 2012 ini mengganti kartu nama fisik menjadi digital.

Di Kwartu, pengguna bisa memasukkan nama, pekerjaan, alamat, kontak email dan nomor telepon. Nilai lebih yang ditawarkan Kwartu, ia menyediakan tautan ke situs web sampai akun jejaring sosial milik pengguna, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram hingga Blogspot dan Wordpress. Semua itu dapat diakses hanya dengan sentuhan.
 
Nurmanjaya, penggagas aplikasi Kwartu mengatakan, saat ini Kwartu telah digunakan oleh 2.000 orang. Ide membuat aplikasi ini datang ketika ia kewalahan mencari kontak dari kartu nama fisik. "Penggunaan kartu nama digital akan lebih mudah dan sedia setiap saat ketimbang kartu nama biasa,” kata Nurman yang biasa menggunakan nickname DalangDigital di dunia maya.

Setelah mengunduh aplikasi di Google Play Store, pengguna bisa mendaftarkan dirinya di Kwartu. Isilah data-data yang hendak dicantumkan dalam kartu nama digital Anda. Seperti kartu nama pada umumnya, Kwartu punya sifat personal.

Dari pengalaman KompasTekno menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat memilih sendiri desain, tata letak, hingga jenis dan warna huruf. Semua itu bisa diubah kapan saja sesuai keinginan.

Untuk bisa bertukar Kwartu, antar-pengguna harus sudah memasang aplikasi Kwartu di ponsel pintarnya. KompasTekno mencoba terhubung dengan akun Kwartu milik Nurmanjaya, dengan memasukkan akun username-nya.
 
Hampir semua bagian yang ada pada Kwartu merupakan gerbang menuju link-link tertentu. Bila pengguna lain menyentuh bagian nama dari Kwartu seseorang, akan muncul deretan link untuk menuju ke situs web, blog, akun media sosial, dan akun lain terkait dengan nama bersangkutan.

Jika bagian nomor telepon disentuh, akan muncul dial pad yang siap untuk menyambungkan panggilan telepon ke nama yang bersangkutan. Sementara bila bagian alamat email disentuh, akan muncul pilihan email client (misalnya Gmail) yang bila disentuh akan menampilkan format email yang siap ditulis dan dikirimkan ke nama yang bersangkutan.

Dan, apabila bagian alamat lokasi atau domisili disentuh, akan muncul Google Maps yang menghadirkan peta lokasi dari alamat tersebut.
 
“Apapun yang diubah pada sebuah Kwartu akan diperbaharui seketika (real time-red) di semua telepon selular yang menyimpannya. Tak ada lagi nomor telepon atau alamat yang kadaluwarsa,” jelas Nurmanjaya.

Namun, secara keseluruhan, aplikasi Kwartu nampaknya masih harus terus dikembangkan dan diperbaiki. Aplikasi ini belum berjalan sempurna di semua perangkat Android. Pihak Kwartu berjanji terus menguji dan memperbaiki aplikasinya.

Kwartu sementara ini hanya tersedia di perangkat Android. Versi untuk iPhone sedang dalam proses pengembangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.