Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Maps Kembali Berulah

Kompas.com - 15/02/2013, 07:40 WIB

apple iPhone 5 menunjukkan berbagai tampilan aplikasi Maps.

KOMPAS.com — Aplikasi peta digital Apple Maps kembali "berulah". Setelah sebelumnya sempat mengancam nyawa seseorang, kini Apple Maps kembali dicap "berbahaya" setelah tidak berhasil menunjukkan lokasi akurat tempat terjadinya kebakaran hutan di wilayah Victoria, Australia.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Country Fire Authority (CFA), sebuah organisasi bagi para sukarelawan dan komunitas pemadam kebakaran di Victoria.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (14/2/2031), sebelumnya, organisasi tersebut telah merilis sebuah aplikasi bernama FireReady. Melalui aplikasi yang memanfaatkan data peta dari Apple Maps ini, para pengguna dapat melaporkan dan melihat lokasi kebakaran hutan di wilayah negara bagian Victoria.  

Sayangnya, Apple Maps tidak mampu menyuplai data peta yang akurat bagi FireReady ini.

"Macedon (salah satu kota di Victoria) dan beberapa kota di negara bagian Victoria lainnya tidak berada di lokasi yang tepat pada aplikasi peta itu," kata petugas pemadam kebakaran tersebut.

Saat adanya laporan kebakaran, petugas pemadam kebakaran juga tidak berhasil menuju lokasi yang tepat karena tidak akuratnya peta ini.

Selain itu, masih banyak keluhan lain terkait aplikasi FireReady yang berbasiskan Apple Maps tersebut. Salah satunya, Apple Maps tidak selalu menunjukkan nama dari sebuah kota atau daerah, membuat para penggunanya sulit untuk menemukan lokasi kebakaran hutan.

CFA sendiri mengungkapkan telah melaporkan kejadian ini langsung ke Apple Australia.

Sebelum masalah ini diatasi, CFA menyarankan agar orang-orang menggunakan lebih dari satu sumber dalam mencari informasi kebakaran hutan di Victoria. Selain itu, para pengguna bisa mencari informasi melalui situs resmi CFA. Dalam situs tersebut, CFA menggunakan layanan peta dari Google, Google Maps.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com