Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan CEO BlackBerry Jual Seluruh Sahamnya

Kompas.com - 15/02/2013, 14:09 WIB

Dokumentasi BlackBerry Jim Balsillie

KOMPAS.com - Mantan CEO BlackBerry, Jim Balsillie, menjual seluruh saham yang ia miliki di perusahaan itu sesuai peraturan yang berlaku. Setelah pengumuman ini, harga saham BlackBerry anjlok, Kamis (14/2/2013).

Pada 2012, Balsillie adalah salah satu pemegang saham individu terbesar di BlackBerry, sewaktu perusahaan itu masih bernama Research In Motion (RIM), dengan 26,8 juta saham atau setara 5 persen saham.

Tapi sekarang, Balsillie sama sekali tak memiliki saham di BlackBerry. Ia menjual seluruh saham itu di akhir 2012. Padahal, perusahaan Kanada ini baru saja merilis sistem operasi dan ponsel BlackBerry 10.

Harga saham BlackBerry turun 3,4 persen menjadi 13,52 dollar AS per lembar dalam penutupan perdagangan di bursa Nasdaq, Amerika Serikat, kemarin. Sementara di bursa Toronto Stock Exchange, Kanada, saham BlackBerry turun 3,5 persen ke level 13,51 dollar Kanada per lembar.

Duet Balsillie dan Mike Lazaridis sebagai CEO dan Chairman, mendapat tekanan dari investor sejak akhir 2011 karena dianggap tak lagi cakap membuat perubahan berarti dalam tubuh perusahaan. Keduanya berbesar hati mundur dari jabatan.

Lazaridis yang notabene adalah pendiri BlackBerry, saat ini masih memiliki 29,9 juta saham perusahaan.

Mulai 22 Januari 2012, posisi CEO RIM jatuh kepada seorang berkebangsaan Jerman bernama Thorsten Heins, yang sebelumnya menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) di BlackBerry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com