Kompas.com - 15/02/2013, 19:37 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com — Terkait hari kasih sayang atau Valentine Day yang selalu dirayakan tiap 14 Februari, para ahli keamanan dari Kaspersky Lab memaparkan beberapa dari bahaya mencari cinta di dunia maya.

Salah satunya adalah "spam Nigeria". Spam yang banyak beredar di situs pencarian jodoh ini dilaporkan telah berhasil membuat para korbannya kehilangan uang hingga ribuan dollar AS.

Sebagai catatan, spam Nigeria ini sudah banyak beredar dalam 1 tahun ini, tetapi masih belum kehilangan popularitasnya.

Seperti tertulis dalam keterangan resminya, "gadis" yang diduga menulis e-mail jenis ini biasanya menceritakan dirinya tinggal di sebuah negara terpencil di benua Afrika.

Tak lama setelah berkenalan, si gadis biasanya memberitahukan bahwa ia merupakan pemilik warisan uang sebesar satu juta dollar AS dan bersedia membagi kekayaannya tersebut dengan si korban.

Namun, untuk mendapatkan gadis dan uang tersebut, si korban diminta untuk membayar beberapa layanan legal yang biasanya berjumlah hingga ribuan dollar AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Taktik ini sendiri sebenarnya sangat sulit untuk dijalankan. Si penipu harus menyediakan banyak waktu dan usaha untuk menarik perhatian karena biasanya si korban tidak mau membayar uang sebanyak itu. Namun, apabila si penipu berhasil, ia akan mendapatkan hasil yang luar biasa besar.
 
Penipuan lainnya tampak lebih sederhana. Biasanya, untuk mencari pasangan melalui internet, orang-orang menggunakan situs-situs pencarian jodoh. Nah, dalam bentuk penipuan kali ini, si penjahat meminta korbannya untuk mentransfer sejumlah uang agar bisa bergabung ke sebuah situs pencarian jodoh tertentu.

Biasanya si korban harus merogoh kocek sebesar 0,3 dollar AS atau Rp 3.000, hingga 12 dollar AS atau Rp 116.000.

Namun, setelah uang dikirim, pengguna tetap tidak bisa mengakses situs tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.