Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Ongkos Produksi BlackBerry Z10

Kompas.com - 18/02/2013, 11:08 WIB

KOMPAS.com — Perusahaan BlackBerry membanderol BlackBerry Z10 16GB, telepon seluler (ponsel) berbasis sistem operasi BlackBerry 10 komersial pertamanya, versi kontrak dengan harga antara 150 dollar AS dan 200 dollar AS.

BlackBerry sendiri hingga saat ini masih belum mengumumkan harga Z10 versi tidak terikat kontrak (unlocked). Namun, diperkirakan, perangkat ini akan diluncurkan dengan harga tidak kurang dari 700 dollar AS atau sekitar Rp 7 juta.

Dari harga-harga tersebut, kira-kira berapa keuntungan yang diraih BlackBerry untuk sebuah Z10 16GB?

Dikutip dari Slahsgear, UBM Tech Insight menganalisis, BlackBerry harus mengeluarkan biaya produksi hingga 154 dollar AS untuk sebuah Z10 16GB. Apabila harga Z10 benar-benar dipatok di 700 dollar AS, BlackBerry akan mendapatkan keuntungan sebesar 546 dollar AS.  

Secara rinci, layar sentuh berukuran 4,2 inci yang ada di Z10 memiliki harga sekitar 26,5 dollar AS. Adapun prosesor 1,5 GHz dual-core dari Qualcomm dihargai 23,5 dollar AS, sementara kamera 8 megapiksel di bagian belakang dan 2 megapiksel di bagian depan memiliki total harga 15 dollar AS; sedangkan media penyimpanan berkapasitas 16 GB dibanderol 9 dollar AS.

Selain itu, komponen lain, termasuk baterai, chip jalur komunikasi, dan RAM dihargai sebesar 21 dollar AS. Casing dan komponen elektronik lainnya secara total memiliki harga 59 dollar AS.

Berdasarkan analisis harga produksi ini, diketahui bahwa harga produksi BlackBerry Z10 memang sedikit lebih tinggi dari iPhone 5. Sebagai catatan, iPhone generasi ke-6 Apple tersebut diproduksi dengan biaya sebesar 139 dollar AS.

BlackBerry beralasan, lebih mahalnya ongkos produksi tersebut disebabkan layar, resolusi, RAM, dan baterai Z10 yang lebih besar dari iPhone 5.

Baca juga:
Bos BlackBerry Ramalkan Kematian Laptop
Ini Dia, Desain Awal BlackBerry 10
Mengintip Rahasia "Keyboard" BlackBerry 10

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com