Pengguna Evernote di Indonesia Capai 350.000

Kompas.com - 18/02/2013, 12:00 WIB
EditorReza Wahyudi

Evernote Evernote

JAKARTA, KOMPAS.com — Aplikasi catatan berbasis komputasi awan, Evernote, mulai serius menyasar pasar Indonesia sejak pertengahan 2012 dengan menyediakan bahasa Indonesia dalam aplikasi mereka. Ketersediaan bahasa lokal ini diharapkan memberi kemudahan mengakses layanan sehingga dapat menambah jumlah pengguna.

Director of Market Development Asia Pacific Evernote Linda Kozlowski mengatakan, hingga Februari 2013, pengguna Evernote di Indonesia telah mencapai 350.000. Secara global, Evernote digunakan oleh 50 juta pengguna.

Pengguna terbesar Evernote berasal dari Amerika Serikat, Eropa, dan kawasan Asia Tenggara. Di Asia Tenggara, pasar Indonesia diakui terus berkembang karena pertumbuhan cukup pesat pada pemakai perangkat mobile.

Evernote ingin meningkatkan awareness di pasar Indonesia bahwa Evernote adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk mengingat segala hal. Ia mengakui, penggunanya lebih banyak menggunakan aplikasi Evernote versi gratis.

"Secara global, pengguna Evernote versi premium hanya 5 sampai 7 persen. Karena itulah, kami memperkuat layanan versi gratis untuk memudahkan semua pengguna," kata Linda saat ditemui di @america, Jakarta, Minggu (17/2/2013).

Evernote juga menyediakan layanannya di berbagai sistem operasi, mulai dari Windows, Mac OS, hingga perangkat mobile Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry.

Di Indonesia, Evernote beberapa kali memberi dukungan dan pendanaan dalam acara kompetisi pembuatan aplikasi. Perusahaan yang bermarkas di Redwood City, Amerika Serikat, ini membuka kesempatan untuk pengembang aplikasi Indonesia untuk memanfaatkan API (application programming interface) Evernote dalam aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan lokal.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X