Ini Cara BlackBerry Hadirkan Ponsel BB10 Murah

Kompas.com - 19/02/2013, 08:59 WIB
EditorReza Wahyudi

WATERLOO, KOMPAS.com — Saat meluncurkan BlackBerry 10, BlackBerry juga ikut memperkenalkan dua ponsel dengan sistem operasi tersebut, BlackBerry Z10 dan Q10. Dua ponsel yang kemungkinan besar akan dibanderol mahal di kisaran Rp 7 juta tersebut akan dirilis pada Maret dan Juni tahun 2013 ini.

Yang menjadi pertanyaan, kapan BlackBerry akan meluncurkan perangkat BlackBerry 10 dengan harga murah.

"Kami (BlackBerry 10) tak akan memasuki segmen entry-level untuk beberapa lama, yang jelas bukan tahun ini," ungkap Managing Director BlackBerry Eropa Stephen Bates saat diwawancara beberapa waktu yang lalu.

CEO BlackBerry Thorsten Heins pun mengeluarkan sebuah pernyataan yang seakan mengamini pernyataan koleganya tersebut, seperti dilaporkan wartawan KompasTekno, Reza Wahyudi, dari markas besar BlackBerry di Waterloo, Kanada, Rabu (13/2/2013).

Heins mengatakan, ia ingin melihat "portofolio produk BlackBerry 10", selain BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10 dengan keyboard QWERTY fisik, termasuk di dalamnya "perangkat mid-tier" dan juga "perangkat entry-level" di beberapa pasar.

Namun, menghadirkan ponsel BlackBerry 10 dengan harga yang murah dalam waktu dekat masih belum memungkinkan.

"Jika Anda memikirkan tentang resolusi layar, prosesor, dan memori yang Anda butuhkan, dan kemudian jalankan matematika (dihitung), kita mungkin tidak akan sampai ke sana dalam enam bulan ke depan," ujar pria berusia 55 tahun kelahiran Jerman ini.

Nah, apa akal BlackBerry agar perangkat BlackBerry 10 dengan harga yang terjangkau dapat segera tersedia?

"Kami menuju penjualan lisensi (untuk perangkat berbiaya murah), " kata Heins pada kesempatan yang sama. "Ini pertanyaan dari model bisnis dan waktu untuk memicu sebuah keputusan, jika dan kapan Anda harus melakukan hal ini."

Jadi, untuk menghadirkan ponsel BlackBerry 10 dengan harga murah, BlackBerry secara tak langsung mempersilakan produsen lain untuk memproduksi perangkat hardware-nya dan membeli lisensi perangkat lunaknya dari BlackBerry.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.