Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Semenanjung Korea

Lagi, Korsel-AS Gelar Latihan Perang Bersama

Kompas.com - 19/02/2013, 14:01 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan menggelar latihan perang angkatan laut, Selasa (19/2/2013), yang melibatkan sejumlah pesawat terbang pengintai milik Amerika Serikat. Latihan ini digelar di tengah meningkatnya suhu politik di Semenanjung Korea usai uji coba nuklir ketiga Korea Utara.

Dalam hari pertama dari enam hari latihan perang di Laut Timur (Laut Jepang) ini melibatkan kapal-kapal perang dan kapal selam AL Korsel didukung sejumlah pesawat pengintai Amerika Serikat.

Dalam latihan ini militer Korsel akan mempelajari operasi untuk mendeteksi dan mengejar misil serta kapal selam Korea Utara.

"Latihan ini ditujukan untuk meningkatkan kesiapan kami menghadapi ancaman musuh," demikian seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Latihan ini adalah yang terbaru dari serangkaian latihan militer yang digelar Korea Selatan, baik yang dilaksanakan sendiri maupun bersama militer Amerika Serikat.

Pada awal bulan ii, Korsel dan AS juga menggelar latihan militer gabungan yang melibatkan sebuah kapal selam nuklir AS di lepas pantai timur Korea Selatan yang diikuti latihan gabungan angkatan udara.

Selain menggelar serangkaian latihan perang, sejak Korut menggelar uji coba nuklir ketiganya pada 12 Februari lalu, Korsel menyatakan akan mempercepat program pengembangan misil jarak jauh  yang memiliki presisi tinggi untuk menghantam sasaran apapun di Korea Utara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com