Kompas.com - 19/02/2013, 15:14 WIB
EditorReza Wahyudi

VR-Zone AMD Radeon HD 7970


KOMPAS.com - Setelah informasinya sempat simpang-siur beberapa lama, minggu lalu AMD mengklarifikasi bahwa chip GPU seri Radeon HD 8000 baru akan dirilis menjelang awal tahun 2014.

Perusahaan ini berencana memperkenalkan serangkaian produk berbasis "teknologi baru" untuk mengisi semua segmen pasar pada kuartal keempat 2013.

Hingga saat itu, AMD akan memfokuskan diri mendorong penjualan GPU seri Radeon HD 7000 yang telah ada sejak 2011 lalu. Beberapa model baru dari seri ini akan dirilis pada pertengahan 2013.

AMD memang sudah meluncurkan GPU mobile Radeon HD8000M pada CES 2013 bulan lalu, tetapi seri chip ini menggunakan basis arsitektur Radeon seri HD7000 yang mendapat sejumlah peningkatan dan dinamai ulang.

Never Settle

Mengenai keputusan untuk tetap mengandalkan GPU Radeon HD7000 sepanjang 2013, AMD mengatakan bahwa kinerja GPU tersebut masih lebih tinggi dibanding pesaingnya, GeForce GTX 600 dari Nvidia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, penjualan GPU seri Radeon HD7000 dianggap sedang menanjak. Volume penjualan seri ini pada Januari 2013, misalnya, lebih tinggi dibanding periode-periode waktu lainnya pada 2012, termasuk musim liburan akhir tahun.

"Dengan penjualan yang sedang naik seperti ini, meluncurkan seri produk baru adalah tindakan yang prematur," ungkap seorang pejabat AMD yang dikutip PCWorld.

www.pcworld.com

Naiknya penjualan GPU seri Radeon HD7000 sebagian merupakan kontribusi promo "Never Settle" di mana AMD bekerjasama dengan sejumlah produsen game ternama untuk membundel judul-judul game terkini dengan beberapa produk kartu grafis berbasis HD7000.

Belakangan, perusahaan tersebut memperkenalkan promo "Never Settle: Reloaded" yang menawarkan code download Crysis 3 dan BioShock Infinite untuk pembeli kartu gratis berbasis GPU Radeon HD 7900.

Ketika ditanya soal rencana GeForce GTX Titan, andalan baru Nvidia yang kabarnya akan dirilis dalam waktu dekat, wakil presiden korporat dan kepala pemasaran global AMD Roy Taylor hanya mengatakan bahwa AMD akan menunggu kedatangan andalan baru pesaingnya itu.

"Ketika sudah datang, maka kami akan menanganinya, tapi kami percaya bahwa AMD akan tetap menjadi yang terdepan," ujar Taylor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.