Kompas.com - 20/02/2013, 09:09 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan asal Taiwan HTC resmi merilis One, sebuah ponsel pintar Android yang kini menjadi andalannya, Selasa (19/2/2013) di New York, AS. Sebagai produk andalan, One memiliki desain yang elegan dan performa paling kencang dalam lini produk HTC.

Dari sisi desain, konstruksi unibody pada ponsel One diselimuti materi aluminium dalam pilihan warna perak dan hitam. Bobotnya hanya 143 gram dan tebal 9,3 mm.

Layar yang digunakan seluas 4,7 inci dengan resolusi 1.920 x 1.080 pixel jenis Super LCD 3. Tampilannya sangat tajam apalagi ia memiliki kerapatan 468 pixel per inci. Layar ini juga telah dilapisi kaca anti pecah dan anti gores Gorilla Glass generasi kedua.

Untuk urusan performa, One ditenagai oleh prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 600 kecepatan 1,7GHz dipadu dengan RAM 2GB dan sistem operasi Android 4.1.2 (Jelly Bean). Baterai berkapasitas 2.300mAh menopang daya hidup ponsel ini.

Memori internal yang disediakan ada dua pilihan, yaitu 32GB dan 64GB. Namun, tidak ada slot kartu memori eksternal MicroSD untuk memperbesar media penyimpanan data.

Seperti produk andalan pada umumnya, HTC membekali One dengan kamera berkualitas tinggi. Sensor kamera belakang dengan lensa f/2.0 disebut HTC sebagai UltraPixel. Meski sensornya tertulis 4MP, namun kemampuan UltraPixel diklaim tiga kali lebih terang dibanding 8MP jika memotret di lokasi bercahaya rendah.

Unit kamera pada HTC One juga memiliki fitur optical image stabilization yang meredam guncangan dan HTC ImageChip 2 untuk memotret dengan resolusi HD, 1080p dan video 60fps. Sedangkan untuk kamera depan, dibekali sensor 2,1MP dengan lensa sudut lebar yang juga mampu merekam video beresolusi 1080p.

One juga menjanjikan pengalaman mendengarkan audio yang baik dengan dukungan teknologi software BeatsAudio, speaker stereo, serta integrasi dua mikrofon untuk merekam suara dengan jelas. Konektivitas HTC One mendukung jaringan nirkabel GSM 3G hingga LTE, bluetooth, WiFi, GPS, NFC.

Aplikasi bawaan

HTC memperbarui tampilan antarmuka Android di One, dengan versi baru yang disebut Sense 5. Ini adalah langkah berani yang diambil HTC. Bagaimana tidak, hanya ada 2 tombol kapasitif di bawah layar, yakni Home dan Back. Sementara ponsel Android pada umumnya menyediakan 3 sampai 4 tombol kapasitif. Di One, pengguna masih bisa melakukan multi-tasking atau berpindah aplikasi dengan menekan tombol Home dua kali.

Selain penyederhanaan tampilan kulit Android, ada fitur baru yang disebut BlinkFeed. Ia berfungsi sebagai agregator untuk berita, informasi dan jejaring sosial yang terlihat pada halaman home HTC One. BlinkFeed ini tidak menampilkan email.

HTC memberi nilai tambah dengan menyediakan aplikasi Zoe Share. Ini mirip dengan aplikasi Vine yang memungkinkan pengguna mempublikasi video berdurasi singkat dalam situs khusus yang disediakan HTC.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.