Kompas.com - 20/02/2013, 10:06 WIB
EditorReza Wahyudi

Kevork Djansezian/Getty Images/AFP CEO Hewlett-Packard Meg Whitman

KOMPAs.com - Produsen komputer Hewlett-Packard (HP) sepertinya akan mengambil langkah strategis untuk menghidupkan lagi unit bisnis perangkat mobile-nya. Mereka dikabarkan bakal mengadopsi sistem operasi Android untuk serangkaian produk perangkat mobile.

Dengan keputusan HP mengadopsi Android, ini berarti sebuah kemenangan bagi Google. Terlebih, mereka mendapat satu lagi mitra besar yang turut membangun ekosistem Android.

Perangkat Android pertama dari HP besar kemungkinan adalah sebuah tablet yang menyasar segmen menengah ke atas. Tablet ini bakal diperkuat dengan prosesor Nvidia Tegra 4, kata beberapa sumber yang enggan disebut namanya kepada blog teknologi ReadWrite.

Nvidia Tegra 4 sendiri merupakan prosesor yang pertama kali menerapkan 4 core CPU berbasis arsitektur ARM A15. Keempat core CPU dalam Tegra 4 dipadukan dengan 72 core GPU yang diklaim bisa memberikan kinerja hingga enam kali lebih cepat dibandingkan pendahulunya, Tegra 3.

Sumber itu juga mengatakan, HP juga sedang menyiapkan ponsel pintar Android.

Saat ini HP bisa disebut ketinggalan dalam kancah mobile. Mereka dahulu fokus mengembangkan sistem operasi WebOS setelah mengakuisisi Palm pada April 2010 dengan nilai 1,2 miliar dollar AS.

Perusahaan yang didirikan pada 1939 di Palo Alto, California, AS, ini sempat merilis tablet dan ponsel pintar berbasis WebOS. Sayang, produknya tidak mendapat sambutan baik di pasar global. Keputusan HP membuat WebOS sebagai sistem operasi bersifat terbuka (open source), juga tidak menarik perhatian perusahaan komputer untuk mengadopsinya.

Dengan berpaling ke Android, hal ini jadi keputusan yang tepat untuk bersaing di era mobile dengan Apple, Samsung, HTC, Sony hingga Motorola.

Sebagian besar produsen komputer memang telah bereksperimen dengan Android. Menurut analis pasar Ben Bajarin dari Creative Strategies, saat ini adalah waktu yang sangat strategis bagi HP untuk mengadopsi Android. Sebagai produsen komputer, Bajarin menyarankan agar HP tidak hanya bergantung pada satu platform sistem operasi.

"Pada kenyataannya, jika HP atau perusahaan lainnya ingin memiliki tablet yang relevan dalam strategi mobile, mereka harus menyertakan Android," tegas Bajarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.