Kompas.com - 20/02/2013, 11:16 WIB
EditorReza Wahyudi

Canonical

KOMPAS.com - Canonical telah mengumumkan sistem operasi Ubuntu khusus untuk perangkat tablet, Rabu (20/2/2013).

Melalui peluncuran sistem operasi ini, Canonical menyatakan ingin memberikan pengalaman yang kompak (unified) antara perangkat ponsel, TV, tablet, dan PC. Artinya, Canonical ingin menghadirkan tampilan sistem operasi Ubuntu sama di antara semua perangkat tersebut.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Canonical membangun sistem operasi versi ini agar dapat memberikan tampilan yang baik untuk perangkat tablet dengan layar berukuran 6 inci hingga 20 inci dan dengan kualitas layar 100 hingga 450 PPI.

"Tampilan antarmuka dari keluarga sistem operasi kami sekarang dapat disesuaikan (scales) di semua jenis layar, sehingga ponsel Anda dapat menghadirkan pengalaman perangkat tablet, PC, dan TV. Itulah uniknya Ubuntu dan masa depan dari personal computing," kata Mark Shuttleworth, Founder Ubuntu dan Canonical, seperti dikutip dari CNET, Rabu(20/2/2013).

Hadir di tengah kompetisi sistem operasi yang semakin ketat, Canonical menghadirkan beberapa fitur menarik di Ubuntu untuk perangkat tablet ini.

Salah satunya adalah fitur "Real Multitasking". Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi tablet dan juga smartphone secara bersamaan, di layar yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terdapat juga fitur mutli-user. Sistem operasi tablet lain juga sudah mendukung multiple accounts, tetapi menurut Canonical, Ubuntu akan menghadirkan keamanan yang lebih baik dengan enkripsi penuh untuk data pesonal.

Canonical memang belum meluncurkan perangkat tablet dengan sistem operasi Ubuntu ini. Namun, pemilik perangkat Nexus 7 dan Nexus 10 sudah dapat mengunduh dan menikmati versi developer preview sistem operasi ini mulai 21 Februari 2013.

Berikut video yang menjelaskan berbagai fitur yang terdapat di Ubuntu versi tablet ini.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.