Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubuntu untuk Tablet Resmi Diluncurkan

Kompas.com - 20/02/2013, 11:16 WIB

Canonical

KOMPAS.com - Canonical telah mengumumkan sistem operasi Ubuntu khusus untuk perangkat tablet, Rabu (20/2/2013).

Melalui peluncuran sistem operasi ini, Canonical menyatakan ingin memberikan pengalaman yang kompak (unified) antara perangkat ponsel, TV, tablet, dan PC. Artinya, Canonical ingin menghadirkan tampilan sistem operasi Ubuntu sama di antara semua perangkat tersebut.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Canonical membangun sistem operasi versi ini agar dapat memberikan tampilan yang baik untuk perangkat tablet dengan layar berukuran 6 inci hingga 20 inci dan dengan kualitas layar 100 hingga 450 PPI.

"Tampilan antarmuka dari keluarga sistem operasi kami sekarang dapat disesuaikan (scales) di semua jenis layar, sehingga ponsel Anda dapat menghadirkan pengalaman perangkat tablet, PC, dan TV. Itulah uniknya Ubuntu dan masa depan dari personal computing," kata Mark Shuttleworth, Founder Ubuntu dan Canonical, seperti dikutip dari CNET, Rabu(20/2/2013).

Hadir di tengah kompetisi sistem operasi yang semakin ketat, Canonical menghadirkan beberapa fitur menarik di Ubuntu untuk perangkat tablet ini.

Salah satunya adalah fitur "Real Multitasking". Dengan menggunakan fitur ini, pengguna dapat menjalankan aplikasi tablet dan juga smartphone secara bersamaan, di layar yang sama.

Terdapat juga fitur mutli-user. Sistem operasi tablet lain juga sudah mendukung multiple accounts, tetapi menurut Canonical, Ubuntu akan menghadirkan keamanan yang lebih baik dengan enkripsi penuh untuk data pesonal.

Canonical memang belum meluncurkan perangkat tablet dengan sistem operasi Ubuntu ini. Namun, pemilik perangkat Nexus 7 dan Nexus 10 sudah dapat mengunduh dan menikmati versi developer preview sistem operasi ini mulai 21 Februari 2013.

Berikut video yang menjelaskan berbagai fitur yang terdapat di Ubuntu versi tablet ini.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com