Seperti Facebook, Apple Juga Diserang Hacker

Kompas.com - 20/02/2013, 11:41 WIB
EditorReza Wahyudi

BBC Indonesia Ilustrasi

KOMPAS.com - Beberapa saat lalu, Facebook mengakui bahwa jejaring sosial terbesar tersebut telah menjadi korban serangan hacker (peretas). Kini, giliran Apple yang mengungkapkan hal yang sama.

Jenis serangan yang dialami oleh Apple pun tidak jauh berbeda dari Facebook, bahkan disinyalir penyerangnya adalah orang atau kelompok yang sama. Serangan dimulai pada saat karyawan Apple mengunjungi situs milik pengembang (developer). Tanpa disadari, situs tersebut ternyata sudah terinfeksi program jahat (malware).

Menurut Apple, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (20/2/2013), para penjahat cyber ini menyerang dengan memanfaatkan celah yang ada di plug-in Java.

"Apple telah mengindetifikasi malware yang menginfeksi beberapa sistem Mac melalui celah keamanan di plug-in Java untuk broswer (peramban). Malware tersebut digunakan untuk menyerang Apple dan perusahaan lain, dan tersebar melalui situs pengembang software," kata perwakilan Apple.

Untungnya, para hacker tersebut belum mencuri data apa pun dari Apple.

"Kami mengindentifikasi sebagian kecil dari sistem Apple yang terinfeksi dan langsung mengisolasi mereka dari jaringan. Tidak ada data yang terambil dari Apple," lanjut perwakilan tersebut.

Apple sendiri sudah bekerjasama dengan pihak berwenang untuk menemukan pihak yang bertanggung jawab atas masalah ini.

Apple juga berencana untuk melepas sebuah software yang dapat melindungi para konsumennya dari malware tersebut. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.