Kompas.com - 20/02/2013, 12:04 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengalaman singkat mengajar di sebuah Sekolah Dasar (SD) melalui Kelas Inspirasi yang diselenggarakan Yayasan Gerakan Indonesia Mengajar ini membuat CEO Kompas Gramedia, Agung Adiprasetyo berencana mengajak rekan yang lain untuk sukarela berpartisipasi dalam kegiatan serupa.

"Saya terpikir akan mewajibkan teman-teman pimpinan untuk ikut Kelas Inspirasi. Kalau sekarang ini yang layer satu maka bisa jadi nanti yang layer kedua kemudian layer ketiga juga ikut," kata Agung saat dijumpai di SD Negeri Kuningan Timur 01, Jakarta, Rabu (20/2/2013).

Menurutnya, hal ini sejalan dengan value yang dimiliki oleh Kompas Gramedia yaitu manusia kemanusiaan. Selama ini, lanjutnya, menerjemahkan value tersebut bukan merupakan suatu yang mudah. Untuk itu, kegiatan seperti ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengasah kepedulian.

"Dengan terjun langsung, teman-teman bisa tahu inilah realita masyarakat yang ada," ujar Agung.

Ia juga mengungkapkan bahwa dengan banyak sukarelawan yang turun mengikuti kegiatan Kelas Inspirasi ini akan memotivasi yang lain agar turut berpartisipasi. Ditambah lagi, berbagai bidang usaha Kompas Gramedia juga bertujuan mencerdaskan kehidupan anak bangsa.

Kendati demikian, ia tidak terpikir untuk membuat kegiatan serupa seperti Kelas Inspirasi. "Kalau bikin sendiri kita nggak punya profesionalisme di bidang ini. Jadi seperti ini juga tidak apa. Kita ikut sebagai sukarelawannya," jelas Agung.

Pemilihan target yaitu anak SD juga dinilai tepat sehingga kegiatan ini berhasil minat banyak profesional di berbagai bidang untuk terlibat. Ia menambahkan bahwa perkembangan bangsa berawal dari pendidikan saat SD.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau SMA dan kuliah itu sudah tahu bagaimana. Justru ketika anak masih SD itu waktu yang tepat untuk menanamkan suatu yang baik," tandasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.