Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

e-Commerce

Konsumen Harus Lebih Cermat Transaksi Lewat Internet

Kompas.com - 20/02/2013, 16:02 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Semakin menjamurnya bisnis melalui jasa internet membuat konsumen harus lebih cermat dan berhati-hati. Memeriksa reputasi website menjadi faktor penting sebelum memutuskan transaksi perdagangan melalui internet.

Sampai saat ini pemerintah belum mengatur secara khusus perdagangan daring (online). Bernard Oh dari eBay Singapura, Rabu (20/2/2013), di Jakarta mengatakan, transaksi melalui internet belum sepenuhnya aman.

Beberapa konsumen telah menjadi korban penipuan. Karena itu, ia mengingatkan calon pembeli untuk lebih teliti sebelum membeli produk yang dijual secara online.

Shinto Nugroho, Head Public Policy and Government Affairs, PT Google Indonesia mengatakan tak hanya menyangkut transaksi keuangan, pengguna internet juga harus berhati-hati dalam menggunakan surat elektronik. Shinto mengingatkan, Google tidak pernah meminta data pribadi penggunanya seperti user name, password, data profesi, bahkan nomor tanda pengenal dengan alasan apapun. Para pengguna Google Account harus berhati-hati, mengabaikan dan melaporkan ketika menerima email seperti itu.

Untuk mengampanyekan penggunaan internet yang aman, Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalin kerjasama dengan Asia Internet Coalition (AIC). "AIC sangat senang bisa terus melakukan kemitraan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk subyek yang sangat penting bagi kami dan penguna internet Indonesia. Dari tip-tip seperti bagaimana mengamankan password sampai cara menghindari penipuan di dunia web, kami harap pengguna internet Indonesia dapat terus menikmati dan menyerap informasi yang bermanfaat untuk men dukung proses belajar-mengajar," papar Ketua AIC Kuek Yu-Chuang.

Staf Ahli Bidang Teknologi Kementerian Kominfo Kalamullah Ramli mengingatkan arti pentingnya pengamanan dan pengawasan terhadap anak selama memanfaatkan internet, mengingat terdapat banyak kejadian di mana anak menjadi korban dari penyalahgunaan internet.

Karenanya, sosialisasi penggunaan internet yang sehat harus terus disuarakan. "Baru saja kami menggelar seminar tentang internet yang sehat dan aman bekerjasama dengan AIC," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com