Kompas.com - 20/02/2013, 16:02 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com- Semakin menjamurnya bisnis melalui jasa internet membuat konsumen harus lebih cermat dan berhati-hati. Memeriksa reputasi website menjadi faktor penting sebelum memutuskan transaksi perdagangan melalui internet.

Sampai saat ini pemerintah belum mengatur secara khusus perdagangan daring (online). Bernard Oh dari eBay Singapura, Rabu (20/2/2013), di Jakarta mengatakan, transaksi melalui internet belum sepenuhnya aman.

Beberapa konsumen telah menjadi korban penipuan. Karena itu, ia mengingatkan calon pembeli untuk lebih teliti sebelum membeli produk yang dijual secara online.

Shinto Nugroho, Head Public Policy and Government Affairs, PT Google Indonesia mengatakan tak hanya menyangkut transaksi keuangan, pengguna internet juga harus berhati-hati dalam menggunakan surat elektronik. Shinto mengingatkan, Google tidak pernah meminta data pribadi penggunanya seperti user name, password, data profesi, bahkan nomor tanda pengenal dengan alasan apapun. Para pengguna Google Account harus berhati-hati, mengabaikan dan melaporkan ketika menerima email seperti itu.

Untuk mengampanyekan penggunaan internet yang aman, Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalin kerjasama dengan Asia Internet Coalition (AIC). "AIC sangat senang bisa terus melakukan kemitraan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk subyek yang sangat penting bagi kami dan penguna internet Indonesia. Dari tip-tip seperti bagaimana mengamankan password sampai cara menghindari penipuan di dunia web, kami harap pengguna internet Indonesia dapat terus menikmati dan menyerap informasi yang bermanfaat untuk men dukung proses belajar-mengajar," papar Ketua AIC Kuek Yu-Chuang.

Staf Ahli Bidang Teknologi Kementerian Kominfo Kalamullah Ramli mengingatkan arti pentingnya pengamanan dan pengawasan terhadap anak selama memanfaatkan internet, mengingat terdapat banyak kejadian di mana anak menjadi korban dari penyalahgunaan internet.

Karenanya, sosialisasi penggunaan internet yang sehat harus terus disuarakan. "Baru saja kami menggelar seminar tentang internet yang sehat dan aman bekerjasama dengan AIC," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.