PlayStation 4 Pakai Prosesor AMD

Kompas.com - 21/02/2013, 11:28 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sony resmi memperkenalkan konsol gaming generasi terbarunya, PlayStation (PS) 4, pada sebuah acara yang berlangsung pada Rabu malam waktu New York, AS, atau Kamis (21/2/2013) pagi waktu Indonesia.

Dalam acara ini, Sony memang belum memamerkan bentuk nyata dari perangkat ini. Spesifikasi yang disebutkan pun masih belum terlalu detil.

Namun, melalui rilis pers resminya yang dikirimkan ke beberapa media, Sony membeberkan spesifikasi detil yang akan mempersenjatai PS4 ini.

Dikutip dari Engadget, Kamis (21/2/2013), PS4 akan dilengkapi dengan prosesor dengan nama "Jaguar". Prosesor tersebut dibangun oleh AMD, memiliki 8 core 64-bit, dan arsitektur x86.

Dari sisi grafis, PS4 dilengkapi dengan graphics card (GPU) dari Radeon. Tidak disebutkan secara detil jenis GPU yang digunakan. Namun, Sony menjabarkan, GPU ini mengandung 18 compute unit yang mampu menghadirkan kekuatan proses hingga 1,84 Teraflops untuk kepentingan grafis, pekerjaan simulasi, atau kombinasi di antara keduanya.

Dari segi memori, perangkat ini menggunakan RAM GDDR5 sebesar 8GB yang mampu menyediakan bandwidth sebesar 176GB per detik.

Sama seperti PS3, konsol baru ini menggunakan mesin pemutar cakram berjenis Blu-Ray dengan kecepatan 6x. Apabila digunakan untuk memutar game DVD, kecepatan drive ini akan meningkat menjadi 8x.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, PS4 juga dilengkapi dengan WiFi 802.11n, USB3.0, Bluetooth 2.1, HDMI, optical out, dan output analog AV.

Harga PS4 hingga saat ini masih menjadi misteri. Namun, Sony berjanji untuk mulai memasarkan perangkat ini mulai musim liburan atau akhir tahun 2013.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.