Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PlayStation 4 Pakai Prosesor AMD

Kompas.com - 21/02/2013, 11:28 WIB

KOMPAS.com - Sony resmi memperkenalkan konsol gaming generasi terbarunya, PlayStation (PS) 4, pada sebuah acara yang berlangsung pada Rabu malam waktu New York, AS, atau Kamis (21/2/2013) pagi waktu Indonesia.

Dalam acara ini, Sony memang belum memamerkan bentuk nyata dari perangkat ini. Spesifikasi yang disebutkan pun masih belum terlalu detil.

Namun, melalui rilis pers resminya yang dikirimkan ke beberapa media, Sony membeberkan spesifikasi detil yang akan mempersenjatai PS4 ini.

Dikutip dari Engadget, Kamis (21/2/2013), PS4 akan dilengkapi dengan prosesor dengan nama "Jaguar". Prosesor tersebut dibangun oleh AMD, memiliki 8 core 64-bit, dan arsitektur x86.

Dari sisi grafis, PS4 dilengkapi dengan graphics card (GPU) dari Radeon. Tidak disebutkan secara detil jenis GPU yang digunakan. Namun, Sony menjabarkan, GPU ini mengandung 18 compute unit yang mampu menghadirkan kekuatan proses hingga 1,84 Teraflops untuk kepentingan grafis, pekerjaan simulasi, atau kombinasi di antara keduanya.

Dari segi memori, perangkat ini menggunakan RAM GDDR5 sebesar 8GB yang mampu menyediakan bandwidth sebesar 176GB per detik.

Sama seperti PS3, konsol baru ini menggunakan mesin pemutar cakram berjenis Blu-Ray dengan kecepatan 6x. Apabila digunakan untuk memutar game DVD, kecepatan drive ini akan meningkat menjadi 8x.

Selain itu, PS4 juga dilengkapi dengan WiFi 802.11n, USB3.0, Bluetooth 2.1, HDMI, optical out, dan output analog AV.

Harga PS4 hingga saat ini masih menjadi misteri. Namun, Sony berjanji untuk mulai memasarkan perangkat ini mulai musim liburan atau akhir tahun 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com