Kompas.com - 21/02/2013, 15:18 WIB
EditorReza Wahyudi

The Verge Dengan aplikasi PlayStation App, perangkat iOS dan Android akan menjadi pendamping dalam bermain PlayStation 4

KOMPAS.com - Sony berencana memperluas bisnis game di layar kedua, yakni layar perangkat mobile yang akan menjadi "pendamping" untuk PlayStation 4. Perusahaan Jepang ini berjanji membuat aplikasi baru bernama PlayStation App untuk perangkat bersistem operasi Android dan iOS.

Ya, perangkat mobile yang dimaksud Sony bukan hanya konsol game portabel PlayStation Vita atau PSP. Perangkat mobile layar kedua itu juga meliputi iPhone, iPad, serta ponsel pintar dan tablet Android.

Dalam siaran pers, Sony memberi contoh implementasi bisnis game pada layar kedua. Jika pengguna meng-install PlayStation App di iOS dan Android, mereka dapat melihat peta di layar perangkat tersebut saat memainkan game petualangan.

Atau, pengguna yang sedang berada jauh dari rumah, bisa membeli game PlayStation 4 dari perangkat iOS dan Android di mana file unduhannya akan masuk ke konsol PlayStation 4 di rumah. Selain itu, dengan PlayStation App di iOS dan Android, pengguna bisa menonton video streaming orang lain yang sedang bermain game PlayStation 4. Semua itu bisa dilakukan selama pengguna Android dan iOS terkoneksi dengan internet.

Dari penjelasan yang diberikan Sony, mereka tak sungguh-sungguh memindahkan pengalaman bermain game PlayStation ke perangkat iOS dan Android. Ponsel pintar dan tablet hanya dijadikan perangkat pendamping bagi PlayStation 4. Tentu saja, Sony tak akan membunuh bisnis konsol game mereka.

Pada saat bersamaan, Rabu malam (20/2/2013) waktu New York, AS, Sony memperkenalkan alat pengontrol PlayStation 4 yang diberi nama DualShock 4. Namun, mereka belum memperlihatkan bentuk perangkat PlayStation 4 itu sendiri. Sony menjanjikan PlayStation 4 akan dirilis secara global pada musim liburan atau akhir tahun 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.