Kompas.com - 21/02/2013, 16:46 WIB
EditorReza Wahyudi

Nikon

KOMPAS.com - Lebih dari dua tahun setelah kemunculan kamera DSLR enthusiast populer Nikon D7000, pembuatnya kini telah menelurkan penerus berupa kamera Nikon D7100.

Dibalik nama yang mirip dengan pendahulunya itu, D7100 membawa sejumlah perubahan besar.

Salah satunya yang paling mendapat penekanan, kamera ini dilengkapi sensor 24 megapixel tanpa filter low-pass (anti-aliasing), seperti pada kamera full-frame Nikon D800E.

Filter low-pass pada sensor digunakan untuk menekan efek Moire dengan cara sedikit "memburamkan" gambar digital yang ditangkap.

Efek visual yang tidak dikehendaki ini biasanya muncul ketika sensor menangkap obyek dengan detail halus berjumlah banyak dan merata, misalnya pola jahitan benang pada baju.

 

 

 

Nikon

Nah, dengan membuang filter Low-pass, Nikon mengklaim D7100 sanggup menghasilkan foto yang terlihat lebih tajam, tanpa efek "buram halus" dari filter tersebut.

Fitur baru yang tak kalah menarik adalah mode Crop 1,3x di mana Nikon D7100 hanya akan menggunakan sebagian area sensor bagian tengah untuk mengambil gambar (cropping) sehingga seolah-olah tampak seperti menambah Focal Length lensa sebesar 1,3x aslinya. Efek yang sama seperti memasang lensa full-frame pada body APS-C.

Pada mode Crop 1,3x ini, cakupan titik-titik AF yang jumlahnya mencapai 51 buah pada D7100 (15 cross-type, titik tengah mampu bekerja hingga F8) menjadi lebih memenuhi frame sehingga diklaim ideal untuk fotografer olahraga.

Adapun resolusi pada mode Crop 1,3x dipertahankan pada angka 15,4 megapixel, sementara Burst Rate naik dari angka default sebesar 6 FPS menjadi 7 FPS.

Perubahan-perubahan lainnya termasyk layer LCD yang lebih bear (3,2 inci), viewfinder dengan lampu OLED, mikrofon stereo, dan spot white balance lewat live view.

Nikon D7100 dijadwalkan mulai tersedia bulan Maret mendatang dengan harga 1599 dollar AS untuk versi dengan lensa AF-S DX Nikkor 18-105 dan 1199 untuk versi body-only.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.