Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
JARINGAN

Lewat Internet Menggenggam Dunia

Kompas.com - 22/02/2013, 03:53 WIB

Oleh HARYO DAMARDONO dan DWI AS SETIANINGSIH

Diana Rikasari, yang kini dikenal sebagai salah seorang fashion blogger ternama di Tanah Air, awalnya hanya iseng membuat blog. Diana, panggilannya, mulai menulis blog pada awal tahun 2007, mengikuti jejak teman-temannya. Namun, kini produknya telah menembus pasar internasional.

Sekarang memang makin mudah mengoneksikan diri dengan dunia ini. Hanya dibutuhkan sebuah komputer jinjing dengan modem, atau bahkan dengan sebuah telepon cerdas, dunia ibaratnya dalam genggaman.

Diana, contohnya, memanfaatkan internet dengan menulis apa saja di blognya. ”Karena saya suka fashion, maka saya cerita hari ini pakai baju apa, barang yang lagi pengin dibeli apa. Eh, ternyata banyak yang suka dengan foto-foto dan outfit saya. Jadinya keterusan dan lebih mengarah ke fashion,” kata Diana.

Berawal dari keisengan belaka, Diana akhirnya kian populer di dunia maya dan fashion.

Suatu hari, sebuah majalah fashion remaja bahkan menulis tentang blog Diana dalam artikel ”Rated: Stylish”. Sejak itulah banyak merek tertarik menjalin kerja sama dengan Diana.

”Aku pernah kolaborasi dengan Wondershoe, Bloop Endorse, terus diajak jadi fashion stylist Go Girl (majalah) dan film Queen Bee. Mereka mendekati aku karena suka gayaku,” kata Diana.

Berbekal kolaborasi dengan sejumlah merek, ditambah kecintaannya pada fashion, akhirnya Diana meluncurkan sepatu dengan merek UP. ”Pasar utama Indonesia, diikuti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Amerika Serikat. Aku ingin bisa kuat di pasar internasional agar Indonesia lebih dihargai secara global,” harapnya. UP anti- plagiarisme dan cenderung membentuk tren.

Kemajuan teknologi juga ikut membesarkan komikus asal Tulungagung, Jawa Timur, Ardian Syaf. Aan, panggilannya, adalah komikus pada penerbit komik terkenal Amerika Serikat, DC Comics. Sebagai penciler, Aan menggarap sosok-sosok superhero seperti Batman, Superman, Batgirl, dan Green Latern.

Karier Aan di industri komik internasional dimulai tahun 2004. Ketika itu, Aan melamar melalui situs digitalwebbing.com—sebuah situs internasional yang menjadi forum komikus dunia—untuk mendapat proyek komik di sejumlah negara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com