Kompas.com - 22/02/2013, 07:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Cnet Galaxy S III dan iPhone 5.

KOMPAS.com - Pasar ponsel pintar global bagaikan arena balap kuda bagi Apple dan Samsung. Kedua perusahaan itu kini menguasai pasar melalui iPhone 5 dan Galaxy S III. Tapi di kurtal 4 tahun 2012, iPhone kembali dinobatkan sebagai ponsel terlaris.

Lembaga riset Strategy Analytics pada kuartal 3 tahun 2012, sempat merilis data yang mencatat bahwa penjualan Samsung Galaxy S III telah mengalahkan iPhone 4S. Kala itu, Samsung mengirimkan 18 juta unit Galaxy S III ke seluruh dunia. Sementara Apple mengirimkan 16,2 juta unit iPhone 4S.

Data ini cukup mengejutkan, karena setelah sekian lama menguasai pasar, iPhone 4S harus menyerahkan singgasananya kepada Galaxy S III.

Nah, di kuartal 4 tahun 2012, iPhone merebut kembali gelar lamanya sebagai ponsel pintar terlaris di dunia. iPhone 5 dan iPhone 4S berada di posisi satu dan dua ponsel pintar terlaris. Sementara Galaxy S III berada di posisi tiga.

Di kuartal 4 tahun 2012, Apple mengirimkan 27,4 juta unit iPhone 5. Sementara iPhone 4S yang dikapalkan Apple sebesar 17,4 juta unit. Jumlah itu masih lebih besar dari pengiriman Galaxy S III yakni 15,4 juta unit.

Dalam pasar ponsel pintar global kuartal 4 tahun lalu, iPhone 5 meraih pangsa pasar sebesar 12,6 persen, iPhone 4S sebesar 8 persen dan Galaxy S III sebesar 7,1 persen.

Dari data Strategy Analytics, penjualan Galaxy S III telah mengalami kelesuan. Samsung akan menyegarkan lini produk ponsel unggulan dengan Galaxy S IV yang kabarnya akan dirilis sekitar Maret atau April 2013.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.