Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gusur Galaxy S III, iPhone Terlaris di Dunia

Kompas.com - 22/02/2013, 07:51 WIB

Cnet Galaxy S III dan iPhone 5.

KOMPAS.com - Pasar ponsel pintar global bagaikan arena balap kuda bagi Apple dan Samsung. Kedua perusahaan itu kini menguasai pasar melalui iPhone 5 dan Galaxy S III. Tapi di kurtal 4 tahun 2012, iPhone kembali dinobatkan sebagai ponsel terlaris.

Lembaga riset Strategy Analytics pada kuartal 3 tahun 2012, sempat merilis data yang mencatat bahwa penjualan Samsung Galaxy S III telah mengalahkan iPhone 4S. Kala itu, Samsung mengirimkan 18 juta unit Galaxy S III ke seluruh dunia. Sementara Apple mengirimkan 16,2 juta unit iPhone 4S.

Data ini cukup mengejutkan, karena setelah sekian lama menguasai pasar, iPhone 4S harus menyerahkan singgasananya kepada Galaxy S III.

Nah, di kuartal 4 tahun 2012, iPhone merebut kembali gelar lamanya sebagai ponsel pintar terlaris di dunia. iPhone 5 dan iPhone 4S berada di posisi satu dan dua ponsel pintar terlaris. Sementara Galaxy S III berada di posisi tiga.

Di kuartal 4 tahun 2012, Apple mengirimkan 27,4 juta unit iPhone 5. Sementara iPhone 4S yang dikapalkan Apple sebesar 17,4 juta unit. Jumlah itu masih lebih besar dari pengiriman Galaxy S III yakni 15,4 juta unit.

Dalam pasar ponsel pintar global kuartal 4 tahun lalu, iPhone 5 meraih pangsa pasar sebesar 12,6 persen, iPhone 4S sebesar 8 persen dan Galaxy S III sebesar 7,1 persen.

Dari data Strategy Analytics, penjualan Galaxy S III telah mengalami kelesuan. Samsung akan menyegarkan lini produk ponsel unggulan dengan Galaxy S IV yang kabarnya akan dirilis sekitar Maret atau April 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com