Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nvidia Rilis Tegra 4i, Quad Core untuk Smartphone Murah

Kompas.com - 22/02/2013, 10:28 WIB

NVIDIA "Phoenix", desain rujukan smartphone berbasis Tegra 4i dari NVIDIA


KOMPAS.com - Nvidia pertama kali memasuki pasar mobile pada 2008 melalui lini prosesor Tegra. Perusahaan tersebut sedikit kesulitan bersaing dengan Qualcomm yang merupakan pemain besar di bisnis "otak" smartphone karena tidak memiliki produk dengan modem terintegrasi.

Modem yang terintegrasi dalam prosesor membuat jumlah komponen yang diperlukan untuk membangun smartphone menjadi lebih sedikit, dan karena itu juga menekan biaya produksi keseluruhan.

Kini, Nvidia telah memiliki Tegra 4i, chip Tegra pertama dengan modem LTE terintegrasi yang digadang-gadang menjadi lawan setanding bagi Snapdragon S4 dari Qualcomm.

Modem LTE "Nvidia i500" yang tertanam di dalam Tegra 4i dibangun menggunakan teknologi dari Icera, perusahaan semikonduktor dan wireless radio yang diakuisisi Nvidia pada 2011 lalu. Modem ini menawarkan kecepatan 4G LTE hingga 100 Megabit per detik serta kompatibel dengan beragam jaringan seluler 4G dan 3G.

techspot.com

Tentang prosesornya sendiri, Tegra 4i memiliki empat buah core ARM Cortex A9 (bukan A15 seperti pada Tegra 4) berkecepatan 2,3 GHz disertai sebuah core tambahan untuk menghemat daya saat mengerjakan tugas-tugas ringan.

Unit pemroses grafis (GPU) Tegra 4i memiliki 60 buah core atau lima kali lebih banyak dibandingkan prosesor Tegra 3. Semua itu -termasuk modem- dimampatkan dalam paket keseluruhan yang ukurannya hanya 1,2mm persegi, jauh lebih kecil dibandingkan Tegra 4 yang sebesar 2,7mm persegi.

Nvidia mengklaim Tegra 4i sanggup memutar video full-HD (1080p) di layar 5 inci.

Prosesor ini ditujukan bagi produk smartphone mainstream dengan kisaran harga 100 hingga 200 dollar AS. Adapun "kakaknya", Tegra 4, akan menyasar segmen smartphone high-end dan perangkat tablet.

Di samping itu, Nvidia juga memperkenalkan desain rujukan smartphone berbasis Tegra 4i yang dinamai "Phoenix". Reference design smartphone ini memiliki ukuran layar 5 inci, ketebalan 8mm, serta kamera 13 megapixel.

NVIDIA

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com