Kompas.com - 22/02/2013, 13:47 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Rayuan BlackBerry kepada Instagram untuk menghadirkan aplikasi native mereka di platform BlackBerry (BB) 10 tampaknya menemui jalan buntu. Pihak Instagram masih belum bergeming dari keputusannya untuk tidak menghadirkan aplikasi berbagi foto tersebut di BB10.

"Tidak akan ada aplikasi (native) Instagram untuk BB10 untuk saat ini. Sebetulnya, saya tidak yakin apakah aplikasi tersebut akan diluncurkan di platform tersebut, setidaknya dalam waktu dekat ini," kata sebuah sumber yang dekat dengan Instagram, seperti dikutip dari situs AllThingsD, Jumat (22/2/2013).

Untungnya, keputusan ini tidak membuat Instagram benar-benar melupakan BB10. Perusahaan tersebut dikabarkan sedang mengerjakan porting dari aplikasi Instagram versi Android.

Meski begitu, keputusan porting ini dianggap masih kurang memuaskan. Hasil porting biasanya tidak menghadirkan pengalaman yang maksimal di platform lain. Dalam beberapa kasus, aplikasi porting berjalan lebih lambat dibandingkan di sistem operasi asalnya.

BlackBerry sendiri sudah mengeluarkan pendapatnya mengenai masalah ini.

"Kami memiliki hubungan yang kuat dan secara aktif meminta Instagram untuk mendukung BB10. Namun, kami belum memiliki tanggal ketersediaan aplikasi tersebut pada saat ini," kata Martyn Mallick, VP Global Alliances BlackBerry.

Di luar aplikasi Instagram sendiri, sebenarnya platform BB10 sudah dipenuhi dengan berbagai aplikasi populer lain, seperti WhatsApp, Skype, Evernote, Kindle, DropBox, hingga layanan jejaring sosial Facebook, Twitter, Foursquare, dan LinekdIn.

Ada pula game seperti Angry Birds Star Wars, Where's My Water, Plants vs. Zombies, Fruit Ninja, Cut the Rope, dan JetPack Joyride.

Total, terdapat 70.000 aplikasi untuk BB 10 pada awal peluncurannya, 30 Januari 2013 yang lalu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.