Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Chromebook Baru Seharga MacBook Air

Kompas.com - 22/02/2013, 16:58 WIB

PC World

KOMPAS.com — Google beberapa waktu lalu meluncurkan sebuah laptop yang dinamakan Chromebook Pixel. Perangkat ini merupakan laptop berbasis Chrome pertama yang masuk ke kelas premium.

Chromebook Pixel bisa jadi diluncurkan oleh Google untuk melawan dominasi MacBook Pro (MBP) dengan Retina Display. Pasalnya, produk yang satu ini juga hadir dengan layar beresolusi tinggi.

Chromebook Pixel dilengkapi layar 12,85 inci dengan kemampuan sentuh beresolusi 2560 x 1700. Resolusi tersebut sedikit lebih unggul dibandingkan MBP versi 13 inci (2560 x 1600). Tingkat kerapatan layar Pixel pun sedikit lebih tinggi, yaitu 239 ppi berbanding 227 ppi.

Dari segi dapur pacu, Chromebook Pixel dilengkapi dengan prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan 1,8 GHz yang dikombinasikan dengan RAM sebesar 4 GB. Untuk sisi grafis, Google bergantung pada chip Intel HD4000.

Dikutip dari PC World, Jumat (22/2/2013), Chromebook Pixel dijual dengan harga yang cukup tinggi. Pixel yang dilengkapi dengan SSD berkapasitas 32 GB dibanderol 1.299 dollar AS dan untuk versi 64 GB dibanderol 1.449 dollar AS.

Chromebook tidak menjalankan sistem operasi konvensional yang berdiri sendiri semacam Windows atau Android. Sebaliknya, laptop ini menggunakan Chrome OS buatan Google yang bergantung pada koneksi internet untuk bisa dipakai.

Idenya adalah Chromebook akan berfungsi layaknya terminal yang mengakses data dan informasi yang disimpan di data center milik Google.

Sebelumnya, sekitar pertengahan tahun 2012, Samsung dan Google sudah pernah merilis Chromebook yang diperkuat prosesor Intel dan RAM 4 GB. Produsen lain, Acer, sudah pernah pula bekerja sama dengan Google dan menelurkan model Chromebook. Keduanya hadir di segmen menengah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com