Kompas.com - 22/02/2013, 17:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Rumor tentang iPhone versi murah terus bergulir. Salah satu yang terbaru adalah, Appe kemungkinan bakal merilis perangkat "iPhone Mini" atau versi murah seharga 330 dollar AS atau sekitar Rp 3,15 juta pada pertengahan tahun ini.

Hal tersebut adalah prediksi yang dikemukakan oleh Katy Huberty, seorang analis dari Morgan Stanley. Menurutnya, Apple akan merilis perangkat tersebut untuk mendorong penjualan smartphone di China.

Menurut Huberty, sebuah iPhone berharga murah bisa membantu Apple menaikkan pangsa pasar smartphone sebanyak 20 persen di negeri tirai bambu itu, di samping angka 10 persen yang sudah didapatkan lewat  iPhone 5.

Untuk bisa sukses di China, tambah Huberty, Apple perlu menggandeng operator seluler China Mobile. iPhone memang sudah tersedia lewat China Unicom dan China Telecom, tetapi China Mobile adalah operator terbesar di negeri itu dengan jumlah pelanggan mencapai 800 juta.

Angka 330 dollar AS tersebut adalah perkiraan harga "iPhone Mini" versi unlocked. Berarti, versi kontrak perangkat tersebut seharusnya bisa lebih murah lagi.  

Seorang analis lain, Gene Munster dari Piper Jaffray, mengatakan bahwa perangkat iPhone seharga 199 dollar AS kemungkinan bakal dirilis pada kuartal ketiga tahun ini.

Perkiraan Munster tersebut didasarkan pada fakta bahwa harga rata-rata smartphone di pasaran China dan India masing-masing adalah 138 dollar AS dan 140 dollar AS.

Sementara itu, iPhone 4 memiliki harga jual 265 persen lebih tinggi dibandingkan harga rata-rata tersebut sehingga Apple membutuhkan perangkat yang lebih murah untuk berkompetisi di pasar-pasar itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.