Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambah iOS, Agate Rangkul "Anak" Electronic Arts

Kompas.com - 24/02/2013, 11:00 WIB

KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO Pegawai Agate Studio memperbarui konten permainan Shopping Paradise yang mereka kembangkan dan berbasis jejaring sosial Facebook, Sabtu (19/11). Permainan yang bekerja sama dengan pemasang iklan, yakni situs belanja, ini bisa dimainkan secara gratis dan menjadi skema kerja sama efektif untuk promosi video game.

BANDUNG, KOMPAS.com - Pengembang game asal Kota Bandung, Agate Studio, menjalin kerja sama dengan penerbit Chilingo untuk membidik pasar game mobile platform (Apple) iOS. Mereka bahkan sudah menyiapkan game yang masih dirahasiakan detailnya sebagai karya pertama untuk dirilis Chilingo.

Menurut Humas Agate Studio, Bima Ratio, ajakan kerjasama itu sebetulnya sudah dilontarkan sejak akhir tahun 2012 dan akhirnya ditanggapi pada bulan Januari 2013. Kesepakatan antara dua entitas ini berlangsung melalui internet.

Chilingo sendiri dikenal sebagai penerbit beberapa game yang terbilang laris di App Store, semisal Cut the Rope, Angry Birds, maupun Pixel People. Mereka tercatat sebagai anak perusahaan dari game publisher terkemuka Electronics Art (EA). Hingga kini, kebanyakan game yang mereka rilis diedarkan di App Store.

Bima menggambarkan Chilingo sebagai penerbit yang memiliki standar ketat dalam menyaring game yang bakal dirilis. Tidak jarang, prosesnya bisa memakan waktu yang tidak singkat demi mendapatkan hasil yang optimal.

Chief Executive Officer Agate Studio, Arief Widhiyasa, menyebut kerja sama ini sebagai tantangan tersendiri bagi mereka. "Di satu sisi kami bangga karena terpilih dan bisa berdiri sejajar dengan pengembang game mancanegara. Sisi lainnya, kami berharap bisa menjadi salah satu bukti bahwa gamedev Indonesia mampu bersaing di kancah internasional dengan kualitas prima.

Terkait kerja sama ini, Agate mengatakan telah menyiapkan game baru yang segera dirilis. Namun, Bima masih enggan memberi keterangan lebih detail kecuali genre casual yang disesuaikan untuk segala usia. Waktu rilisnya diperkirakan pada akhir Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com