Kompas.com - 25/02/2013, 08:34 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Alcatel Alcatel One Touch Fire

KOMPAS.com — ZTE dan Alcatel menjadi produsen pertama yang membuat ponsel dengan sistem operasi Firefox OS. Keduanya berbagi panggung di Mobile World Congress (MWC) 2013, Barcelona, Spanyol, untuk memamerkan ponsel Firefox OS.

Dua ponsel itu diberi nama ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire, yang sama-sama memiliki ukuran layar 3,5 inci dengan dukungan resolusi minim. Memori internal yang disediakan juga terbatas, tetapi bisa diperluas dengan kartu memori eksternal MicroSD.

Ya, komponen yang digunakan masih menggunakan perangkat keras kelas bawah. Karena itulah, ponsel Firefox OS yang ada saat ini belum bisa berjalan mulus dan sempurna. Ini bisa disebut sebagai ponsel percobaan yang masih berada dalam tahap pengembangan.

The Verge ZTE Open

Mozilla, selaku pemilik dan pengembang Firefox OS, berharap dapat meluncurkan ponsel dengan sistem operasi rubah api itu pada akhir 2013. Mereka sedang kerja keras mencari dukungan sana-sini, mulai dari produsen ponsel, operator seluler, hingga perusahaan game dan internet agar mau membuat aplikasi di Firefox OS.

Mozilla tampaknya menargetkan Firefox OS untuk pasar berkembang. Negara pertama yang diincar adalah Brasil, Kolombia, Hongaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela.

Di Indonesia, Mozilla sempat menggelar acara pengenalan sistem operasi Firefox OS kepada para pengembang aplikasi, Januari lalu. Pada kesempatan ini Mozilla mensosialisasikan alat dan bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi di Firefox OS, antara lain HTML5 dan JavaScript.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka (open source) dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.