Kompas.com - 25/02/2013, 12:20 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Setelah diterpa oleh begitu banyak rumor, akhirnya tanggal peluncuran resmi Samsung Galaxy S IV telah diketahui. Seri Galaxy S "flagship" generasi keempat ini akan diperkenalkan di sebuah acara pada 14 Maret 2013 mendatang di New York, AS.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh perwakilan Samsung, Chenny Kim, kepada Reuters, Senin (25/2/2013).

Ini akan menjadi peluncuran smartphone seri Galaxy S pertama di AS, setelah tiga tahun sebelumnya, perangkat tersebut lebih banyak dilakukan di belahan Eropa.

Sebagai catatan, Samsung untuk pertama kalinya memperkenalkan Galaxy S pada ajang CTIA di AS (2010), diikuti Galaxy S II pada ajang Mobile World Congress, Spanyol (2011), dan Galaxy S III di London (2012).

"Kami memperkenalkan Galaxy S III di London tahun lalu, dan kali ini kami mengubah tempat peluncuran (ke New York). Keputusan ini diambil setelah kami menerima begitu banyak permintaan dari operator mobile AS untuk memperkenalkan Galaxy S IV di negara tersebut," kata JK Shin, pimpinan divisi mobile Samsung.

Galaxy S IV selama ini dikenal dengan nama kode GT-I9500. Perangkat ini dikabarkan akan dibekali layar seluas 5 inci jenis Super AMOLED full-HD. Layar ini disebut-sebut dapat mengirit konsumsi daya hingga 25 persen.

Sensor kameranya 13 MP dan dibekali baterai berkapasitas 2.600 mAh. Sayangnya, Samsung belum belum menerapkan desain unibody pada Galaxy S IV.

Rumor yang beredar juga menyebutkan, Galaxy S IV akan memiliki kemampuan mengisi daya baterai tanpa perantara kabel, alias wireless charging. Teknologi pengisian baterai nirkabel ini menggunakan metode induksi, yang dalam hal ini panel belakang ponsel harus didesain khusus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.