Menjajal Nexus 7, Tablet Android Rp 3 Jutaan

Kompas.com - 25/02/2013, 13:32 WIB
EditorReza Wahyudi

Oik Yusuf/KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan raksasa internet Google menunjukkan keseriusannya bermain di pasaran hardware dengan meluncurkan perangkat tablet pertama mereka, Nexus 7. Produk yang satu ini mendapatkan perhatian besar dari para pecinta gadget karena dibekali spesifikasi hardware yang mumpuni, tetapi dibanderol dengan harga terjangkau.

Untuk mengembangkan produk ini, Google bekerjasama dengan produsen perangkat elektronik asal Taiwan, Asus. Asus sendiri dikenal sudah beberapa kali meluncurkan perangkat tablet yang diberi nama seri Transformer.

Nexus 7 saat ini sudah mulai hadir di Indonesia. Beberapa toko online menjual Nexus 7 versi WiFi only dengan kapasitas 16GB seharga Rp 3,1 juta. Sayangnya, keberadaan perangkat ini sedikit langka di pasaran Indonesia.

Kali ini, KompasTekno akan membawa Anda mengulas kemampuan dari tablet Nexus 7.

Desain

Oik Yusuf/KOMPAS.com Nexus 7 memiliki body yang cukup tipis.

 

Walaupun sebagian besar bahan dasar dari Nexus 7 adalah plastik, perangkat ini tidak terlihat murahan. Malahan, perangkat ini lebih terlihat sebagai produk premium.

Nexus 7 memiliki ukuran body yang cukup mungil, yaitu 198,5 x 120 x 10,45 mm. Bobotnya pun tidak terlalu berat, hanya 340 gram. Kombinasi antara ukuran dan bobot tersebut membuat perangkat ini terasa sangat nyaman digunakan, walaupun hanya dengan menggunakan satu tangan saja.

Konektivitas

Hanya ada tiga tombol fisik di perangkat ini. (Foto: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

 

Tidak ada terlalu banyak tombol fisik di perangkat Nexus 7 ini. Google dan Asus hanya melengkapi perangkat ini dengan tiga buah tombol saja.

Di sisi sebelah kanan, pengguna akan menemukan tombol power atau sleep. Di bawah tombol ini, terdapat tombol untuk membesarkan dah mengecilkan volume.
Di bagian bawah, terdapat port microUSB dan jack 3,5mm. (Foto: Oik Yusuf/KOMPAS.com)

Di bagian bawah, terdapat port microUSB yang dapat digunakan untuk charging daya atau menghubungkan tablet ini ke sistem PC. Di bagian sebelahnya, terdapat port 3,5mm untuk koneksi ke  headphone atau earphone.

Halaman:
Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X