Sony Siapkan Ponsel Firefox, Samsung Tak Minat

Kompas.com - 26/02/2013, 17:02 WIB
EditorReza Wahyudi

Mozilla Firefox OS, sistem operasi mobile dari Mozilla.

 

KOMPAS.com — Firefox OS mendapatkan peminat baru. Setelah Alcatel, LG, dan ZTE, kini giliran Sony yang mengungkapkan rencana untuk menggunakan sistem operasi tersebut di perangkat perusahaan asal Jepang itu.

Kepada situs teknologi The Verge, Selasa (26/2/2013), Sony mengungkapkan, tim pengembang mereka sedang mengembangkan ponsel atau perangkat tablet berbasis sistem operasi tersebut dan berencana menghadirkannya ke pasaran pada tahun 2014.

"Teknisi kami saat ini sedang bekerja dengan Firefox OS dan HTML5, mengembangkan teknologi yang menunjukkan potensi yang hebat. Sebagai tambahan, kami akan terus bekerja dengan partner operator kami, termasuk Telefonica, dalam proyek pengembangan, dengan ambisi menghadirkan produk tersebut di pasaran pada 2014," kata Bob Ishida, salah satu eksekutif Sony.

Berbeda dari Sony, produsen ponsel lainnya, Samsung, tampaknya tidak berminat terhadap sistem operasi mobile baru ini. Alasannya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut sedang mengembangkan perangkat berbasis Tizen, sistem operasi yang memiliki target pasar sama dengan Firefox OS, yaitu pasaran negara berkembang.

Sebelumnya, diketahui bahwa Mozilla selaku pemilik dan pengembang Firefox OS berharap dapat meluncurkan ponsel dengan sistem operasi "rubah api" itu pada akhir 2013. Mereka sedang kerja keras mencari dukungan sana-sini, mulai dari produsen ponsel, operator seluler, hingga perusahaan game dan internet, agar mau membuat aplikasi di Firefox OS.

Di Indonesia, Mozilla sempat menggelar acara pengenalan sistem operasi Firefox OS kepada para pengembang aplikasi, Januari lalu. Pada kesempatan ini Mozilla mensosialisasikan alat dan bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi di Firefox OS, antara lain HTML5 dan JavaScript.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka (open source) dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X