Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Siapkan Ponsel Firefox, Samsung Tak Minat

Kompas.com - 26/02/2013, 17:02 WIB

Mozilla Firefox OS, sistem operasi mobile dari Mozilla.

 

KOMPAS.com — Firefox OS mendapatkan peminat baru. Setelah Alcatel, LG, dan ZTE, kini giliran Sony yang mengungkapkan rencana untuk menggunakan sistem operasi tersebut di perangkat perusahaan asal Jepang itu.

Kepada situs teknologi The Verge, Selasa (26/2/2013), Sony mengungkapkan, tim pengembang mereka sedang mengembangkan ponsel atau perangkat tablet berbasis sistem operasi tersebut dan berencana menghadirkannya ke pasaran pada tahun 2014.

"Teknisi kami saat ini sedang bekerja dengan Firefox OS dan HTML5, mengembangkan teknologi yang menunjukkan potensi yang hebat. Sebagai tambahan, kami akan terus bekerja dengan partner operator kami, termasuk Telefonica, dalam proyek pengembangan, dengan ambisi menghadirkan produk tersebut di pasaran pada 2014," kata Bob Ishida, salah satu eksekutif Sony.

Berbeda dari Sony, produsen ponsel lainnya, Samsung, tampaknya tidak berminat terhadap sistem operasi mobile baru ini. Alasannya, perusahaan asal Korea Selatan tersebut sedang mengembangkan perangkat berbasis Tizen, sistem operasi yang memiliki target pasar sama dengan Firefox OS, yaitu pasaran negara berkembang.

Sebelumnya, diketahui bahwa Mozilla selaku pemilik dan pengembang Firefox OS berharap dapat meluncurkan ponsel dengan sistem operasi "rubah api" itu pada akhir 2013. Mereka sedang kerja keras mencari dukungan sana-sini, mulai dari produsen ponsel, operator seluler, hingga perusahaan game dan internet, agar mau membuat aplikasi di Firefox OS.

Di Indonesia, Mozilla sempat menggelar acara pengenalan sistem operasi Firefox OS kepada para pengembang aplikasi, Januari lalu. Pada kesempatan ini Mozilla mensosialisasikan alat dan bahasa pemrograman yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi di Firefox OS, antara lain HTML5 dan JavaScript.

Firefox OS merupakan penamaan ulang dari proyek "Boot to Gecko" (B2G), yang pada mulanya juga proyek sistem operasi mobile berbasis web terbuka (open source) dari Mozilla. Proyek B2G diumumkan Mozilla pada 25 Juli 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com