Kompas.com - 26/02/2013, 18:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat



JAKARTA, KOMPAS.com -
Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang mengembangkan layanan pembayaran atau transfer uang secara digital melalui aplikasi pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) Money. Inovasi ini terealisasi berkat kerjasama Permata Bank, Agit Monitise dan tentu saja, BlackBerry Indonesia.

Ketiga perusahaan ini telah berkomunikasi dan bekerja mengembangkan BBM Money selama 12 bulan. Hingga akhirnya aplikasi tersebut resmi diluncurkan pada Selasa (26/2/2013) di Jakarta.

BBM Money merupakan aplikasi yang bisa diunduh dari toko aplikasi BlackBerry World. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat mengakses rekening bank dari ponsel BlackBerry lalu mengirim uang atau melakukan pembayaran ke kontak BBM teman yang juga telah memiliki akun BBM Money.

Dibuatnya aplikasi BBM Money didasarkan atas jumlah pengguna BBM yang besar di Indonesia. Managing Director BlackBerry Indonesia, Maspiyono Handoyo mengatakan, BlackBerry masih menguasai pasar ponsel di Indonesia. Saking banyaknya pengguna BlackBerry di Indonesia, tak sedikit pula orang yang berjualan lewat BBM.

Transaksi di BBM Money diklaim aman. Pengguna diharuskan melakukan registrasi dengan mengisi nama, nomor telepon seluler, dan membuat passcode sebagai kode keamanan yang harus dimasukan setiap bertransaksi.

Pengguna hanya diizinkan bertransaksi menggunakan jaringan operator seluler yang dipakai. Aplikasi ini tak mengizinkan transaksi yang memakai jaringan WiFi.

Direktur Agit Monitise Indonesia, Calvin Lim mengatakan, saat ini BBM Money bisa digunakan untuk mengirim uang, mengisi ulang pulsa, transfer antar bank. Pengguna juga bisa mengecek sejarah transaksi dalam BBM Money.

Aplikasi BBM Money akan terus dikembangkan untuk fitur baru dan memperluas layanan. "Kami akan membuat BBM Money bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik, air, kartu seluler pascabayar, sampai kartu kredit," tegas Calvin.

Selain nasabah Permata Bank, aplikasi BBM Money juga bisa digunakan oleh nasabah bank lain yang ada di Indonesia, selama mereka memiliki perangkat BlackBerry dan memiliki akun BBM Money. Setiap bank diberikan kode untuk mempermudah proses transaksi. Permata Bank sendiri dikenali dengan kode 013 di aplikasi BBM Money.

Tentu saja, ada perlakuan yang berbeda antara nasabah Permata Bank dan nasabah dari bank lain.

Direktur Retail Banking Permata Bank, Lauren Sulistiawati menjelaskan, nasabah Permata Bank tidak dikenakan biaya tambahan saat melakukan transaksi di BBM Money. Sementara nasabah bank lain dikenakan biaya tambahan Rp 5.000 saat bertransaksi di BBM Money.
 
Saat ini BBM Money belum bisa digunakan untuk mengirim uang ke nasabah dari bank di luar negeri. Ketiga perusahaan yang mengembangkan BBM Money, juga sedang mempelajari kemungkinan menghadirkan aplikasi tersebut di sistem operasi BlackBerry 10.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.