Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Mengaku Masih Kuasai Pasar Indonesia

Kompas.com - 27/02/2013, 11:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — BlackBerry Indonesia mengklaim dirinya masih menguasai pasar ponsel pintar di Indonesia. Penurunan jumlah pengguna BlackBerry secara global, tidak berlaku untuk Indonesia.

Hal ini dikatakan oleh Managing Director BlackBerry Indonesia Maspiyono Handoyo di sela-sela peluncuran aplikasi BBM Money di Jakarta, Selasa (26/2/2013). "Jika ada kabar yang mengatakan pangsa pasar BlackBerry telah turun, hal itu tidak terjadi di Indonesia," katanya.

Maspiyono meyakini pengguna BlackBerry dan BlackBerry Messenger (BBM) di Indonesia masih banyak, meskipun ia tak mengungkapkan angka pasti.

BlackBerry boleh saja mengklaim dirinya masih menguasai pasar ponsel pintar. Namun, menurut data lembaga riset IDC, BlackBerry telah dikalahkan oleh Android dalam ruang lingkup sistem operasi. Hal ini dikarenakan Android diadopsi banyak perusahaan komputer dalam produk ponsel dan tablet.

Pada kuartal dua tahun 2012, IDC mencatat sistem operasi Android menguasai 52 persen pangsa pasar di Indonesia. Peningkatan ini dikarenakan makin banyak ponsel dan tablet Android berharga murah serta ketersediaan aplikasi dalam jumlah besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com