Kompas.com - 27/02/2013, 17:08 WIB
EditorReza Wahyudi

Logo dan Screenshot Kakao Talk

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengembang apikasi pesan instan KakaoTalk nampak serius memperluas pangsa pasarnya d Indonesia. Mereka makin gencar kerja sama dengan beberapa mitra lokal untuk menambahkan konten Indonesia.

Vice President Global Business Development Kakao Corp Kate Sohn, mengatakan, pihaknya memiliki dua cara pendekatan dengan pengguna Di Indonesia. "Pertama, melalui unsur Korea, kami memberi yang terbaik dari fitur populer Korea," kata Sohn dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Rabu (27/2/2013).

Sebagai perusahaan yang berasal dari Korea Selatan, KakaoTalk memasukkan unsur K-Pop dalam aplikasinya. Ada pula emoticon yang menawarkan karakter bintang K-Pop hingga karakter kartun.

Cara kedua, menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan pengembang aplikasi dan komunitas kreatif untuk memperkaya konten lokal. KakaoTalk berkolaborasi dengan desainer lokal untuk menciptakan emoticon khusus dari stiker selebriti hingga tokoh karakter lokal dan istilah-istilah terkenal khas Indonesia.

Untuk membuat aktivitas chatting lebih menyenangkan, KakaoTalk membuat emoticon animasi yang disertai dengan suara. Hingga kini ada 18 set emoticon dalam konteks Indonesia, termasuk emoticon K-Pop dalam bahasa Indonesia.

Perusahaan ini juga bekerjasama dengan operator seluler XL Axiata untuk membuat paket khusus sejak Februari 2013. Selain itu, Pizza Hut Indonesia dan Groupon digandeng untuk memberikan konten promosi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejatinya, KakaoTalk adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna berkirim pesan teks, foto, video, audio, melalui jaringan 3G ataupun internet. Di sini, pengguna juga bisa membentuk grup ngobrol dengan jumlah tak terbatas, penjadwalan kegiatan kelompok dan pertemuan, dan bisa langsung disinkronisasikan dengan aplikasi kalender.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon menggunakan jaringan internet. Uniknya, KakaoTalk memungkinkan untuk panggilan telepon grup gratis hingga 5 orang.

KakaoTalk tersedia untuk perangkat Android, iPhone, BlackBerry dan Windows Phone. Pada Februari 2013, Kakao memiliki 81 juta pengguna terdaftar dan 4,8 miliar pesan telah terkirim setiap hari. Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pengguna di Indonesia hingga 288 persen dari Januari sampai Februari 2013. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.