Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KakaoTalk Seriusi Pasar Indonesia

Kompas.com - 27/02/2013, 17:08 WIB

Logo dan Screenshot Kakao Talk

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengembang apikasi pesan instan KakaoTalk nampak serius memperluas pangsa pasarnya d Indonesia. Mereka makin gencar kerja sama dengan beberapa mitra lokal untuk menambahkan konten Indonesia.

Vice President Global Business Development Kakao Corp Kate Sohn, mengatakan, pihaknya memiliki dua cara pendekatan dengan pengguna Di Indonesia. "Pertama, melalui unsur Korea, kami memberi yang terbaik dari fitur populer Korea," kata Sohn dalam siaran pers yang diterima KompasTekno, Rabu (27/2/2013).

Sebagai perusahaan yang berasal dari Korea Selatan, KakaoTalk memasukkan unsur K-Pop dalam aplikasinya. Ada pula emoticon yang menawarkan karakter bintang K-Pop hingga karakter kartun.

Cara kedua, menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan pengembang aplikasi dan komunitas kreatif untuk memperkaya konten lokal. KakaoTalk berkolaborasi dengan desainer lokal untuk menciptakan emoticon khusus dari stiker selebriti hingga tokoh karakter lokal dan istilah-istilah terkenal khas Indonesia.

Untuk membuat aktivitas chatting lebih menyenangkan, KakaoTalk membuat emoticon animasi yang disertai dengan suara. Hingga kini ada 18 set emoticon dalam konteks Indonesia, termasuk emoticon K-Pop dalam bahasa Indonesia.

Perusahaan ini juga bekerjasama dengan operator seluler XL Axiata untuk membuat paket khusus sejak Februari 2013. Selain itu, Pizza Hut Indonesia dan Groupon digandeng untuk memberikan konten promosi.

Sejatinya, KakaoTalk adalah aplikasi pesan instan yang memungkinkan pengguna berkirim pesan teks, foto, video, audio, melalui jaringan 3G ataupun internet. Di sini, pengguna juga bisa membentuk grup ngobrol dengan jumlah tak terbatas, penjadwalan kegiatan kelompok dan pertemuan, dan bisa langsung disinkronisasikan dengan aplikasi kalender.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon menggunakan jaringan internet. Uniknya, KakaoTalk memungkinkan untuk panggilan telepon grup gratis hingga 5 orang.

KakaoTalk tersedia untuk perangkat Android, iPhone, BlackBerry dan Windows Phone. Pada Februari 2013, Kakao memiliki 81 juta pengguna terdaftar dan 4,8 miliar pesan telah terkirim setiap hari. Perusahaan mencatat kenaikan jumlah pengguna di Indonesia hingga 288 persen dari Januari sampai Februari 2013. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com