Kompas.com - 28/02/2013, 10:15 WIB
EditorReza Wahyudi

ACERAcer Aspire One D255.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun 2013 ramai diperkirakan sebagai tahun kematian netbook. Pasaran komputer jinjing yang mungil nan murah meriah ini disebut bakal habis tergerus oleh tablet.

Namun pihak AMD Indonesia berpendapat sebaliknya. Sales Development Manager AMD Indonesia Victor Herlianto mengatakan bahwa pasar netbook di Tanah Air masih menjanjikan.

"Tahun lalu (2012) diprediksi juga sebagai tahun kematian netbook. Tahun 2013 ini ramalan yang sama muncul juga, tapi kita sama-sama tahu bahwa nanti pada Desember 2013 masih akan bertemu netbook," ujar Victor dalam media update AMD di Jakarta, Rabu (27/2/2013).

Menurut dia, sebagai produk yang menawarkan harga sangat terjangkau, netbook masih diminati oleh para konsumen first time buyer yang sensitif terhadap faktor harga. Pasar netbook di Indonesia pun dinilai Victor masih menguntungkan.

"Kami sendiri (AMD) masih tetap memproduksi model komputer sekelas netbook dengan ukuran 11,6 inci," lanjut Victor, seraya menambahkan bahwa tipe prosesor mobile AMD yang paling banyak terjual adalah C-60 yang antara lain dipakai di produk komputer sekelas netbook Acer Aspire One.

Kategori netbook dengan ukuran layar 10 inci yang dijual pada kisaran harga Rp 2,5 juta, menurut Victor, adalah yang paling parah terkena dampak pertumbuhan pesat komputer tablet lantaran memiliki ukuran layar atau level harga sebanding.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dorong kategori "premium"

Kendati sebagian besar penjualan prosesor AMD di Indonesia disumbang oleh segmen low-end, Victor mengatakan bahwa pihaknya akan berusaha mendorong kontribusi prosesor dari segmen yang lebih tinggi, yaitu A-Series APU.

A-Series APU yang terdiri dari model A4 (dual core) hingga A10 (quad core) ini dipakai di model-model notebook mainstream dan premium, termasuk kategori laptop tipis Ultrathin yang di Indonesia sudah tersedia melalui Samsung, Asus, dan Lenovo.

Untuk saat ini, kontribusi prosesor A-Series terhadap penjualan prosesor keseluruhan masih di bawah 10 persen. "Tapi untuk tahun 2013 kami ingin angka tersebut menjadi dua digit," ujar Victor.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.