Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Aktif Instagram Tembus 100 Juta

Kompas.com - 28/02/2013, 16:12 WIB

INSTAGRAM
KOMPAS.com - Instagram mengumumkan bahwa pengguna aktif bulanannya kini mencapai 100 juta. Meski masih berada di belakang Twitter dan Google+, Instagram membuktikan dirinya terus berkembang.

Dalam publikasi di blog resmi perusahaan, pihak Instagram mengatakan, kekuatan gambar telah menghubungkan orang-orang dengan apa yang sedang terjadi di dunia. "Sekarang, setelah hampir dua setengah tahun berjalan, 100 juta orang menggunakan Instagram setiap bulan," tulis pihak Instagram.

Jumlah pengguna Instagram adalah setengah dari jumlah pengguna aktif Twitter, yang kini mencapai 200 juta. Google+ mengklaim punya 135 juta pengguna. Pasar jejaring sosial masih dikuasai oleh Facebook dengan 1 miliar pengguna.

Perkembangan pesat Instagram tidak hanya dianggap sebagai prestasi perusahaan, tetapi juga prestasi komunitas. Pendiri sekaligus CEO Instagram, Kevin Systrom pernah berkata, "Instagram adalah sebuah komunitas, bukan sekadar aplikasi filter foto."

Instagram menganggap dunia lebih terhubung dan mudah dipahami melalui foto. Banyak orang mengabadikan dunia secara real-time dengan Instagram, lalu berbagi gambar dengan orang lain di berbagai belahan dunia.

Perusahaan rintisan (startup) Instagram didirikan oleh duo sahabat Kevin Systrom dan Mike Krieger. Aplikasi ini pertama kali rilis pada Oktober 2010 untuk sistem operasi iOS.

Pada Mei 2012, Instagram yang kala itu diasuh oleh 13 karyawan, dibeli oleh Facebook senilai 1 miliar dollar AS dalam bentuk tunai dan saham. Facebook menyelesaikan transaksi akuisisi pada September 2012 senilai 715 juta dollar AS. Jumlah tersebut turun seiring anjloknya nilai saham Facebook di bursa Nasdaq, New York, Amerika Serikat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com