Kompas.com - 28/02/2013, 17:00 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.COM/YUNANTO WIJI UTOMO Stephen Elop, CEO Nokia.

 

KOMPAS.com — Jumlah pangsa pasar yang dimiliki oleh Windows Phone saat ini memang masih sangat kecil. Lembaga riset International Data Corporation (IDC) mencatat, pada akhir tahun 2012 lalu, pangsa pasar sistem operasi mobile buatan Microsoft tersebut hanya mencapai 2,6 persen secara global.

Ya, nilai tersebut memang sangat kecil apabila dibandingkan dengan Android yang mencapai 68,3 persen dan iOS dengan 18,8 persen. Namun, banyak pihak yang optimistis Windows Phone akan bangkit dan menjadi nomor satu dalam beberapa tahun mendatang.

Salah satu yang percaya akan hal tersebut adalah Stephen Elop, CEO Nokia. Kepada jurnalis Bloomberg, Elop menyampaikan tanggapan soal masa depan Windows Phone. Ia memprediksi Windows Phone akan menjadi nomor satu di masa mendatang.

"Ini (Windows Phone) bisa saja menjadi sistem operasi mobile terbesar di dunia," kata Elop.

Meski begitu, Elop sadar benar, dari sudut pandang perusahaan Nokia, ada banyak hal yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk menjadikan Windows Phone sebagai nomor satu. Salah satunya, Nokia harus bekerja sama lebih erat dengan Microsoft.

"Kami punya banyak pekerjaan untuk dilakukan, bersama-sama dengan Microsoft, untuk membuat hal tersebut terjadi," jelas Elop.

Dikutip dari Neowin, Kamis (28/2/2013), saat ditanya mengenai prediksi kapan cita-cita tersebut dapat terwujud, Elop menjelaskan bahwa mereka sudah memiliki target secara internal, tetapi menolak untuk mengungkapkan target pastinya.

Beberapa lembaga survei sendiri, termasuk IDC, sudah memproyeksikan peningkatan yang akan dialami oleh Windows Phone di masa yang akan datang. Namun, peningkatan tersebut tetap saja tidak akan mendongkrak Windows Phone ke posisi pertama.

Menurut prediksi IDC, pada tahun 2016 mendatang, pangsa pasar Windows Phone akan mencapai posisi ketiga dengan 11,4 persen.

Jadi, dapatkah Windows Phone menjadi penguasa dunia smartphone di masa yang akan datang, melampaui Android dan iOS? Kita tunggu saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.