Kompas.com - 01/03/2013, 09:45 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com — Sebagai salah satu pendiri Google, Sergey Brin banyak terlibat dalam pengembangan produk-produk tercanggih dari perusahaan itu, termasuk Google Glass yang hampir selalu dikenakannya setahun terakhir ini.

Namun, di tengah-tengah kecanggihan teknologi yang melingkupinya itu, istri Brin ternyata masih memakai smartpone BlackBerry.

Alasannya, seperti diungkapkan Brin pada The Verge, karena smartphone tersebut masih memberikan "feedback fisik" yang memadai.

Brin mengacu pada desain smartphone masa kini yang kebanyakan hanya berupa sebuah layar touchscreen besar tanpa banyak ciri-ciri fisik yang bisa membuatnya "terasa" seperti sebuah telepon.

"Rasanya seperti kurang mantap karena Anda hanya menggesek-gesek permukaan kaca yang polos," ujar Brin ketika berkunjung ke TED Conference, California, Rabu (27/2/2013) kemarin.

Menggunakan ponsel, menurut Brin, adalah kebiasaan canggung yang menjauhkan atau mengisolasi pemakainya dari lingkungan sekitar. "Misalnya saja ketika saya mengeluarkan ponsel dari kantung, lantas sibuk sendiri," katanya.

Nah, di sinilah letak kelebihan perangkat Google Glass yang dibikin oleh perusahaan Brin. Kacamata pintar itu disebutnya mampu mengurangi "kebiasaan canggung" memakai smartphone yang membuat penggunanya tak acuh pada keadaan di sekeliling.

Meski begitu, masih butuh waktu sebelum Brin bisa membuktikan ucapannya karena Google Glass sendiri belum banyak beredar di luar lingkungan Google dan developer.

Seperti apakah kacamata pintar dari Google ini? Berikut video promosi "skydiving" yang ditunjukkan pada konferensi Google I/O 2012 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.