Kompas.com - 01/03/2013, 11:21 WIB
EditorReza Wahyudi

Engadget

 

KOMPAS.com - Tak sekadar berfungsi sebagai alat komunikasi dan gaya hidup, ponsel pintar kini difungsikan sebagai alat bantu pengumpul data di luar angkasa.

Adalah ponsel Android Nexus One yang berhasil dikirimkan ke luar angkasa. Menumpang sebuah satelit mini PhoneSat bernama STRaND-1, Nexus One akan bertugas untuk mengambil gambar bumi dari luar angkasa dan mengumpulkan data dari satelit.

Dikutip dari Engadget, Jumat (1/3/2013), STRaND-1 merupakan nano-satellite dalam program PhoneSat pertama di dunia yang berhasil masuk ke orbit bumi.

Untuk menjalankan tugasnya itu, Nexus One besutan HTC dan Google ini sudah diuji di berbagai suhu untuk meyakinkan agar produk tersebut tidak meleleh saat tiba di orbit bumi. Pengambilan gambar dilakukan dengan memanfaatkan kamera dari ponsel tersebut dan juga sebuah aplikasi bernama 360. Hasil dari pengambilan gambar tersebut nantinya juga akan dikirim ke bumi.

Tidak hanya itu saja, bagi orang yang berminat, dapat meminta satelit tersebut mengambil gambar bagian tertentu di luar angkasa. Sayangnya, belum ada detil mengenai kesempatan menarik tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain perangkat ponsel, satelit ini terdiri dari komponen pengatur sistem orbit, dua tenaga penggerak, dan komputer berbasis Linux yang dilengkapi prosesor "kecepatan tinggi".

PhoneSat sendiri sebenarnya adalah proyek buatan NASA. Dalam proyek ini, NASA ingin membuat sebuah satelit ruang angkasa yang memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan ditenagai oleh sebuah telepon seluler (ponsel).

Sedangkan satelit STRaND-1 ini dibuat oleh perusahaan bernama Surrey Satellite Technology yang bekerja sama dengan University Surrey Soace Center.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.