Kompas.com - 01/03/2013, 13:39 WIB
EditorReza Wahyudi

Global Mobile Awards 2013

KOMPAS.com — Pesta teknologi dan perangkat mobile dunia Mobile World Congress (MWC) 2013 telah berakhir. Acara yang digelar di Barcelona, Spanyol, ini memberi penghargaan kepada perangkat mobile terbaik untuk kategori ponsel pintar, ponsel fitur, dan tablet.

Penghargaan Global Mobile Awards 2013 dari Asosiasi GSM didasarkan atas prestasi yang diraih oleh perusahaan dan perangkat sepanjang 2012 lalu.

Untuk kategori ponsel pintar terbaik, Samsung Galaxy S III keluar sebagai juara. Ponsel ini berhasil menyingkirkan Apple iPhone 5, Nokia Lumia 920, dan HTC Droid DNA.

Kategori ponsel fitur dimenangkan oleh Nokia Asha 305 yang bersistem operasi S40. Asha 305 bersaing dengan 2 produk buatan Nokia lainnya, yaitu Asha 103 dan Asha 302, serta ponsel buatan Samsung, yakni C3312 Duos.

Hasil kerja sama Google dan Asus yang melahirkan Nexus 7 dinobatkan sebagai tablet terbaik oleh Global Mobile Awards 2013. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, Nexus 7 memberi performa yang baik sehingga mengalahkan kompetitornya, mulai dari Apple iPad 9,7 inci, iPad Mini, Samsung Galaxy Note 10.1, Amazon Kindle Fire HD 8,9, dan Asus Transformer Trinity.

Samsung berhasil menyabet beberapa penghargaan lain. Kamera bersistem operasi Android, yakni Galaxy Camera, juga berhasil menyabet gelar Best Mobile Enabled Consumer Electronics Device.

Selain itu, perusahaan asal Korea Selatan itu juga mendapat penghargaan sebagai pemanufaktur perangkat terbaik tahun 2013 dan infrastruktur mobile terbaik.

Aplikasi terbaik

Selain perangkat, MWC 2013 juga memberi penghargaan kepada aplikasi mobile terbaik.

Di ranah ini, Facebook terpilih sebagai aplikasi mobile terbaik untuk konsumen langsung. Evernote terpilih sebagai yang terbaik di kalangan korporasi serta aplikasi GPS sosial Waze dinobatkan sebagai aplikasi mobile terbaik secara keseluruhan pilihan juri. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.