Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy S IV Pakai 2 Varian Prosesor?

Kompas.com - 04/03/2013, 11:00 WIB


KOMPAS.com - Samsung telah mulai menebar undangan untuk sebuah event bertajuk "Ready 4 The Show" tanggal 14 Maret mendatang di New York, Amerika Serikat. Galaxy S IV kabarnya akan diumumkan dalam acara ini.

Mengenai smartphone tersebut, ada satu pertanyaan besar yang masih menggantung, yaitu prosesor apa yang bakal ditanamkan oleh Samsung pada andalan barunya ini.

Menurut berita Taipei Times, Galaxy S IV kemungkinan akan mengusung dua prosesor berbeda, tergantung daerah pemasaran.

Versi ponsel pintar ini yang dipasarkan di wilayah Amerika Serikat disinyalir bakal datang dengan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 600.

Sementara itu, Galaxy S IV yang diperuntukkan bagi wilayah Eropa dan Asia diperkirakan akan hadir dengan prosesor Exynos 5 (8-core).

Strategi membedakan jenis prosesor berdasarkan wilayah pemasaran ini sebelumnya pernah dipakai Samsung pada Galaxy S III.

Versi Galaxy S III dengan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon MSM8950 dipasarkan di Amerika Serikat. Eropa dan Asia menerima versi Galaxy S III dengan prosesor quad-core Exynos 4412.

Alasan Samsung ketika itu, tidak seperti Exynos, prosesor Snapdragon sudah dilengkap dengan radio LTE yang dibutuhkan untuk tersambung dengan jaringan super cepat tersebut di Amerika Serikat. Sementara, jaringan LTE belum meluas di Eropa.

Nah, kemungkinan ada alasan serupa di balik pemilihan dua jenis prosesor berbeda untuk Galaxy S IV.

Snapdragon 600 sendiri adalah prosesor dengan teknologi fabrikasi 28 nanometer yang diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Prosesor ini juga dipakai di smartphone HTC One yang juga baru diperkenalkan.

Di sisi lain, Exynos 5 adalah prosesor buatan Samsung dengan 8 core yang terdiri dari 4 core ARM Cortex-A15 (1,8 GHz) dan 4 core ARM Cortex-A7 (1,2 GHz).

Apakah kabar ini memang benar adanya? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan diketahui tanggal 14 Maret nanti. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com