Kompas.com - 04/03/2013, 11:00 WIB
EditorReza Wahyudi


KOMPAS.com - Samsung telah mulai menebar undangan untuk sebuah event bertajuk "Ready 4 The Show" tanggal 14 Maret mendatang di New York, Amerika Serikat. Galaxy S IV kabarnya akan diumumkan dalam acara ini.

Mengenai smartphone tersebut, ada satu pertanyaan besar yang masih menggantung, yaitu prosesor apa yang bakal ditanamkan oleh Samsung pada andalan barunya ini.

Menurut berita Taipei Times, Galaxy S IV kemungkinan akan mengusung dua prosesor berbeda, tergantung daerah pemasaran.

Versi ponsel pintar ini yang dipasarkan di wilayah Amerika Serikat disinyalir bakal datang dengan prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 600.

Sementara itu, Galaxy S IV yang diperuntukkan bagi wilayah Eropa dan Asia diperkirakan akan hadir dengan prosesor Exynos 5 (8-core).

Strategi membedakan jenis prosesor berdasarkan wilayah pemasaran ini sebelumnya pernah dipakai Samsung pada Galaxy S III.

Versi Galaxy S III dengan prosesor dual-core Qualcomm Snapdragon MSM8950 dipasarkan di Amerika Serikat. Eropa dan Asia menerima versi Galaxy S III dengan prosesor quad-core Exynos 4412.

Alasan Samsung ketika itu, tidak seperti Exynos, prosesor Snapdragon sudah dilengkap dengan radio LTE yang dibutuhkan untuk tersambung dengan jaringan super cepat tersebut di Amerika Serikat. Sementara, jaringan LTE belum meluas di Eropa.

Nah, kemungkinan ada alasan serupa di balik pemilihan dua jenis prosesor berbeda untuk Galaxy S IV.

Snapdragon 600 sendiri adalah prosesor dengan teknologi fabrikasi 28 nanometer yang diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC). Prosesor ini juga dipakai di smartphone HTC One yang juga baru diperkenalkan.

Di sisi lain, Exynos 5 adalah prosesor buatan Samsung dengan 8 core yang terdiri dari 4 core ARM Cortex-A15 (1,8 GHz) dan 4 core ARM Cortex-A7 (1,2 GHz).

Apakah kabar ini memang benar adanya? Jawaban atas pertanyaan tersebut akan diketahui tanggal 14 Maret nanti. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.