Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main iPad, Bocah 5 Tahun Habiskan Rp 24 Juta

Kompas.com - 04/03/2013, 12:25 WIB

KOMPAS.com - Tak semuanya yang gratis itu aman bagi dompet. Itulah yang dipelajari orang tua Danny Kitchen, seorang anak berumur 5 tahun di Warmley, Inggris, dengan cara yang mengejutkan.

Cerita berawal ketika Danny kecil ingin mengunduh game Zombies vs. Ninja di tablet iPad milik orang tuanya, Greg dan Sharon Kitchen.

Karena game tersebut bisa diunduh secara gratis, orang tua Danny tak keberatan memberikan password iPad. Sekalian membuat sibuk anak itu agar tidak rewel karena  keluarga Kitchen sedang sibuk kedatangan banyak tamu.

Danny pun mengunduh game yang bersangkutan dan mulai bermain, sementara orang tuanya mengobrol dengan handai taulan. Hari itu berakhir tanpa insiden apapun.

 

Screenshot Telegraph, Chris Matyszczyk/ Cnet.com Danny Kitchen, bocah 5 tahun asal Warmley, Inggris


Namun, betapa kagetnya pasangan itu ketika esoknya menerima 19 e-mail dari iTunes yang menyatakan bahwa mereka sudah membelanjakan 1.710 poundsterling atau sekitar Rp 24 juta melalui toko aplikasi tersebut.

Bank yang menerbitkan kartu kredit milik keluarga Kitchen pun menelepon mereka karena curiga dengan pengeluaran tiba-tiba berjumlah besar tersebut.

Setelah diselidiki, ternyata Danny telah membeli banyak item virtual dari toko dalam game yang dia mainkan itu. Seperti diketahui, aplikasi, konten digital, dan item virtual (in-app purchase) di App Store serta iTunes bisa dibeli melalui kartu kredit yang telah didaftarkan di akun Apple ID.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com