Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2013, 21:03 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com - Korea Utara, Selasa (5/3/2013), mengancam untuk membatalkan perjanjian gencatan senjata dengan Korea Selatan yang mengakhiri perang Korea pada 1953.

Ancaman  Korea Utara ini muncul di tengah kabar kesepakatan yang dicapai antara China dan Amerika Serikat terkait sanksi baru untuk menghukum Korut terkait uji coba nuklirnya belum lama ini.

Militer Korut dalam pernyataan resminya menegaskan akan memutus saluran telepon khusus militer di desa perbatasan Panmunjom.

Gencatan senjata yang mengakhiri perang Korea 1950-1953, tambah Korut,  akan benar-benar tidak berlaku jika Korea Selatan dan AS tetap menggelar latihan militer bersama pada 11 Maret.

Latihan militer tahunan Foal Eagle dimulai 1 Maret hingga 30 April mendatang. Latihan militer ini akan melibatkan 10.000 personil militer AS bersama dengan pasukan Korea Selatan dengan jumlah lebih besar.

Pyongyang sudah kerap mengecam latihan militer semacam ini dan menjulukinya sebagai sebuah provokasi dari Korea Selatan. Namun, Seoul dan Washington bersikukuh latihan militer ini lebih bersifat memperkuat pertahanan.

Sementara itu, Dewan Keamanan memutuskan untuk melakukan pertemuan tertutup, di mana para diplomat AS dan China akan menjelaskan kepada 13 anggota DK yang lain soal kemajuan pembicaraan kedua negara.

"Tidak akan ada pemungutan suara pada Selasa, namun voting akan digelar dalam waktu dekat. Ini adalah tanda bahwa rancangan resolusi akan segera diserahkan," ujar seorang diplomat PBB yang tak ingin disebutkan namanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.