Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IDC: BlackBerry 10 Bakal Disambut "Fanboy"

Kompas.com - 06/03/2013, 08:00 WIB


KOMPAS.com  BlackBerry Z10, salah satu perangkat pertama yang menggunakan platform BlackBerry 10, akan mulai memasuki pasaran Indonesia pada 15 Maret mendatang. Bagaimanakah sepak terjang harapan terakhir BlackBerry ini di Indonesia nantinya?

Firma riset IDC memperkirakan, BlackBerry 10 akan disambut oleh kalangan "fanboy" BlackBerry, artinya mereka yang memang setia menanti kedatangan produk yang peluncurannya sempat tertunda beberapa kali ini.

"Dengan harga peluncuran mendekati 700 dollar AS, jelas bahwa BlackBerry menyasar segmen pasang yang lebih 'matang' dan para loyalis," tulis Associate Director and Head of Operations IDC Indonesia Sudev Bangah dalam keterangan pers yang diterima Kompas Tekno.

IDC menilai, selama beberapa tahun, BlackBerry berhasil meraih sukses di pasaran Tanah Air karena menghadirkan produk yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Walaupun begitu, karena belakangan lanskap smartphone telah berubah drastis, Sudev mengatakan bahwa kiprah BlackBerry 10 saat ini akan terbatas hanya pada kalangan yang disebutnya sebagai "loyalis", yaitu mereka yang sudah menunggu-nunggu kedatangan perangkat tersebut ketika akhirnya memasuki pasaran nanti.

"BlackBerry cukup berhasil membikin kehebohan saat peluncuran (BlackBerry 10), tetapi yang paling penting adalah mem-follow up momentum di pasaran, yang telah berubah secara dramatis selama setahun terakhir menjadi lebih didorong oleh aplikasi," papar IDC.

Angka permintaan terhadap produk smartphone menunjukkan kecenderungan naik. IDC memperkirakan 14 persen dari 60 juta perangkat mobile yang akan dikapalkan ke Indonesia pada 2013 terdiri dari smartphone.

Di sisi lain, menurut IDC, setahun belakangan, BlackBerry lebih banyak "diam" di pasaran Indonesia. "Sementara para pesaingnya menyebar dan meningkatkan awareness terhadap produk-produknya di negara haus informasi yang terus tumbuh ini."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com