Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemimpin Korut Sudah Punya Anak?

Kompas.com - 06/03/2013, 11:22 WIB

Dinasti diktator Korea Utara, Kim Jong-Un, sudah punya ahli waris, kata sejumlah pengamat Pyongyang.

Istri Kim, Ri Sol-ju, dikabarkan telah hamil pada pertengahan Desember lalu setelah sebuah video resmi menunjukkan perutnya yang tampak buncit karena hamil bawah gaun hitamnya. Pada hari Tahun Baru, perut buncit itu menghilang sehingga menimbulkan spekulasi bahwa Ri sudah punya bayi.

Spekulasi tersebut kini beralih ke pertanyaan tentang jenis kelamin bayi itu. Situs web AS, Washington Free Beacon, menduga bahwa bayi itu seorang perempuan.

"Jika anak itu anak laki-laki, (Korea Utara) akan membuat pengumuman," kata Michael Madden, editor buletin online North Korea Leadership Watch, di Washington Free Beacon.

Ri muncul di depan umum pada akhir Februari pada sebuah pertandingan basket yang diadakan selama kunjungan mantan pemain NBA Dennis Rodman. Dia difoto sedang berdiri dan bertepuk tangan tanpa ada tanda-tanda perutnya hamil.

Christian Science Monitor melaporkan bahwa jika yang lahir seorang bayi perempuan, anak itu tidak mungkin untuk mengambil alih kepemimpinan di negara totaliter itu saat nanti dia dewasa. Tiga anggota dinasti Kim semuanya laki-laki dan negara itu masih bersifat patrilineal. Kasus perempuan memegang posisi dalam otoritas merupakan hal yang tidak umum.

Rezim komunis Korea Utara telah berjalan lebih dari enam dekade dari rezim bentukan Soviet yang Marxis-Leninis menjadi dinasti keluarga Asia di mana Partai Pekerja yang komunis berbagi kekuasaan dengan kelompok militer yang kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com