Kompas.com - 06/03/2013, 11:49 WIB
EditorReza Wahyudi

Sony Mobile Communications Sony Xperia Z

KOMPAs.com - Sony Mobile Communications tak puas diri menyandang gelar produsen ponsel pintar keempat terbesar di dunia versi lembaga riset IDC. Perusahaan Jepang ini ingin naik ke peringkat tiga di belakang Samsung dan Apple.

CEO Sony Mobile Communications Kunimasa Suzuki, optimis bisa menjual lebih dari 34 juta unit ponsel Android Xperia di dunia pada tahun fiskal 2013 yang dimulai 1 April nanti. Sony berusaha lepas dari bayang-bayang dua produsen ponsel China, yakni Huawei di peringkat tiga dan ZTE di peringkat lima.

Suzuki mengatakan dalam konferensi di Tokyo, Jepang, Senin (4/3/2013), Sony tetap konsisten menyediakan ponsel premium dan ponsel kelas menengah ke bawah berharga murah untuk pasar berkembang.

Di segmen premium, Sony mengandalkan Xperia Z yang sedang gencar dipromosikan secara global. Ia merupakan ponsel anti-air yang akan masuk pasar Indonesia sekitar pertengahan Maret 2013.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Suzuki mengklaim Sony berhasil menjual 160.000 unit Xperia Z di Jepang dalam dua pekan sejak dilepas ke pasar pada 9 Februari 2013.

Menurut lembaga riset IDC, Sony duduk di posisi empat produsen ponsel global pada kuartal 4 tahun 2012 dengan pangsa pasar 4,5 persen. Jumlah itu naik dari periode yang sama tahun 2011 sebesar 3,9 persen.

Sementara itu, masih menurut IDC, Huawei meraih pangsa pasar 4,9 persen dan ZTE 4,3 persen pada kuartal empat tahun 2012.

Sebagai unit bisnis ponsel pintar, Sony Mobile Communications bersinergi dalam strategi "One Sony." Ini adalah tak-tik Sony dalam memperkuat tiga bisnis inti, yaitu digital imaging, game dan mobile.

Di kancah tablet, Sony mengandalkan Xperia Tablet Z. Produk berukuran 10 inci ini dibalut dalam desain yang tahan air dan tipis. Performanya juga mantap karena ditopang oleh prosesor quad-core.

Dalam pemasaran global, Sony juga mengampanyekan "Four Screen Strategy," di mana seluruh perangkat elektronik berlayar dari Sony dapat terhubung satu sama lain melalui jaringan nirkabel DLNA yang ada di ponsel pintar, tablet, televisi dan laptop Vaio. Berbagi layar ini menjadi ciri khas tersendiri bagi Sony untuk memberi pengalaman berbeda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.